Sponsors Link

Terbukti Ampuh! Inilah 8 Cara Agar Cacar Air Cepat Kering yang Wajib Anda Coba

Sponsors Link

Apa Itu Cacar Air?

ads

Cacar air merupakan penyakit yang menyerang kulit karena adanya inveksi virus penyebab cacar air yang dikenal dengan nama Varicella Zoster. Penyakit kulit ini dapat menular dengan adanya kontak langsung dengan penderita. Penyakit cacar iar memang dapat menyerang semua umur. Namun, pada umumnya, mayoritas penderita cacar air adalah anak yang berumur 15 tahun ke bawah. Apakah cacar air memiliki gejala agar penderita dapat mengetahuinya lebih dini?

Tentu saja. Beberapa gejala yang muncul jika Anda atau anak terkena cacar air yaitu demam yang disertai dengan pilek, batuk, kemudia muncul bentol disertai ruam pada area tertentu kulit. Jika tidak segera ditangani, bentol akan berubah menjadi lenting yang berisi cairan akibat infeksi virus. Perubahan ini akan muncul setelah 2 sampai 3 hari terjangkit virus tersebut. Oleh karena itu, segera periksakan diri jika Anda menemui tubuh Anda merasakan beberapa gejala tersebut. Cari tahu pula makanan yang aman untuk cacar air.

Beberapa orang akan memiliki tingkat resiko terjangkit cacar air lebih sering. Siapa yang memiliki tingkat resiko lebih tinggi? Jika Anda selama hidup tidak pernah mengalami cacar air, maka Anda memiliki resiko untuk terkena cacar air. Selain itu, jika anak atau Anda sendiri tidak pernah melakukan vaksin atau suntik cacar, maka kemungkinan tertular cacar air akan lebih tinggi. Tidak hanya itu, para petugas medis yang dalam keseharian bertemu dengan penderita cacar air, juga akan memiliki resiko lebih tinggi untuk terkena cacar air. Maka dari itu, penting sekali dilakukan vaksin dan beberapa langkah pencegahan agar tidak tertular cacar air sejak dini.

Obat untuk Cacar Air

Pada umumnya cacar air tidak membutuhkan obat khusus agar segera sembuh. Anda hanya perlu menjaga kulit agar tidak berkeringat akibat merasa gerah, dan tidak menggaruk luka meski memiliki rasa gatal yang luar biasa. Namun, jika gatal yang Anda rasakan dan luka cacar air tak kunjung sembuh, Anda memang memerlukan beberapa obat khusus. Obat yang biasanya dapat Anda gunakan yaitu acetaminofen akan membantu cacar air segera sembuh. Peringatan penting pula yang harus Anda perhatikan yaitu, jangan memberi aspirin saat terkena cacar air. Hal ini akan membuat tubuh Anda semakin gatal dan luka parah.

Selain itu, Anda juga bisa mengandalkan beberapa obat oles khusus agar luka mereda dan kering segera. Apapun obat yang akan Anda konsumsi, sebaiknya telah dikonsultasikan atau dibicarakan dengan dokter Anda. Ini penting untuk mengetahui apakah Anda alergi pada obat tertentu dan berapa dosis yang Anda butuhkan.

Usaha agar Cacar Air Cepat Kering

Cacar air memang membuat tubuh terasa gatal. Hal ini tentu membuat Anda merasa tak nyaman dan ingin cacar air segera sembuh serta kering. Lantas apa saja yang bisa dilakukan agar cacar air segera kering? Beberapa langkah di bawah ini bisa menjadi alternatif untuk Anda coba agar cacar air segera kering dan tidak mengganggu aktivitas harian Anda.

  1. Gunakan Acetomenaphin untuk Pereda Nyeri

Beberapa penderita cacar air tentu pernah merasakan demam yang tinggi. Jika Anda atau anak Anda mengalami hal ini maka disarankan untuk menggunakan Acetomenaphin atau Tylenol sebagai peredanya. Obat tersebut akan berguna untuk menghilangkan sakit atau juka luka pada kulit. Tak perlu khawatir, obat tersebut aman untuk dikonsumsi oleh mayoritas orang. Jika Anda merupakan ibu hamil, obat ini juga telah teruji aman untuk Anda konsumsi. Dosis yang dibutuhkan oleh setiap pasien tentunya berbeda sesuai keluhan dan umurnya. Konsultasikan hal tersebut agar mendapat dosis yang tepat. Baca juga ciri cacar air akan sembuh.

Sponsors Link

Perlu diingat pula bahwa painkiller seperti ibuprofen tidak dianjutkan untuk Anda konsumsi. Sebab kandungan pada obat tersebut justru membuat tubuh Anda semakin merasa sakit dan luka di sekujur kulit akan semakin parah. Bagi Anda atau anak yang berumur di bawah 16 tahun, dilarang pula untuk menggunakan aspirin sebagai obat pereda nyeri. Mengapa demikian? Karena aspirin akan membuat caar air semakin parah dan menyebabkan komplikasi yang dikenal dengan istilah Sindrom Reye.

  1. Hindari Menggaruk Luka Cacar Air

Rasa gatal pada luka cacar air memang tidak bisa dielakkan. Selalu ada keinginan untuk menggaruk untuk meredakan rasa gatal tersebut. Tapi sayangnya hal demikian justru membuat cacar air Anda tak kunjung kering bahkan akan semakin parah karena adanya infeksi akibat bakteri. Jika Anda merasa gatal luar biasa, Anda bisa melakukan hal berikut ini dibandingkan harus menggaruknya:

  • Tepuk tepuk luka tersebut. Mungkin memang tidak memberi efek samping sebaik Anda menggaruk. Tapi ini jauh lebih aman.
  • Mandi menggunakan bubur khusus untuk cacar air. Anda bisa membuat campurannya menggunakan air dingin. Jangan menggosok cacar air terlalu kasar. Anda harus membasuhnya dengan lembut.
  • Gunakan baju yang berbahan katun, menyerap keringat, dan lebih longgar sehingga kulit Anda merasa lebih nyaman dan mudah bernafas.
  • Gunakan calamine atau antihistamine untuk meredakan rasa gatal pada area cacar air Anda.
ads

Segatal apapun luka yang Anda rasakan, jangan sesekali menggaruknya karena akan bersifat merugikan dan akhirnya luka Anda semakin bertambah parah.

  1. Jaga Tubuh Agar Tidak Gerah

Keringat dan rasa panas akibat cuaca atau baju yang kurang nyaman akan membuat cacar air tak kunjung kering. Selain itu, Anda akan semakin merasakan gatal yang luar biasa. Oleh karena itu, usahakan untuk menjaga tubuh dalam keadaan yang nyaman dan tidak mengeluarkan keringat berlebih.

  1. Cegah Dehidrasi

Tubuh yang dehidrasi juga menjadi penyebab seseorang tak kunjung sembuh dari cacar airnya. Padahal menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi adalah cara yang mudah. Anda diharuskan mengonsumsi air putih yang cukup agar tubuh Anda lebih cepat terhindar dari virus. Hindari mengonsumsi minuman yang mengandung pemanis atau soda. Terlebih jika cacar air terletak pada mulut. Selain minuman yang demikian, Anda juga perlu menghindari makanan yang pedas, keras, dan makanan yang mengandung garam seperti snack kemasan sebab hal ini membuat luka pada cacar air semakin parah. Ternyata cacar air dapat diobati dengan jagung.

  1. Mengonsumsi Resep Dokter

Terjangkit cacar air tidak selalu dapat diselesaikan dengan cara alami. Anda tetap disarankan untuk berobat ke dokter agar cacar air sembuh total dan tidak kambuh lagi. Jika Anda telah memeriksakan kesehatan, maka dokter akan memberikan beberapa resep obat yang perlu Anda konsumsi dan dihabiskan sesuai dosis agar cacar air segera kering. Namun jika Anda tertular cacar air yang belum parah, biasanya dokter akan menyarankan melakukan terapi yang dikenal dengan istilah immunoglobulin. Terapi ini dikhususkan untuk seseorang yang mengidap HIV, ibu hamil, perokok, atau sedang menjalani kemoterapi. Selain itu, jika cacar air Anda sudah parah, maka dokter akan memberikan antivirus yang disebut acyclovir. Obat ini akan meredakan gejala dan luka yang Anda alami. Biasanya obat ini akan memberikan efek yang baik atau memberikan hasil setelah 7 hari penggunaan atau konsumsi dengan dosis sehari mengonsumsi kurang lebih 5 tablet.

Perawatan Cacar Air Secara Alami

Sebagian penderita masih saja percaya dan lebih memilih untuk mengobati cacar airnya dengan menggunakan obat atau cara tradisional. Hal ini tidak masalah jika cara tradisional ini memang diperbolehkan oleh dokter dan Anda memang memiliki cacar air yang ringan sehingga tidak dibutuhkan obat tertentu. Lantas,hal apa saja yang diperbolehkan untuk digunakan agar aman dan membuat cacar air segera kering? Berikut penjelasan perawatan cacar air dengan cara alami.

  1. Mengonsumsi sup

Sup merupakan asupan makanan yang memiliki akndungan gizi paling lengkap. Dengan mengonsumsi sup, maka secara tidak langsung Anda telah membuat sebuah proteksi agar tubuh Anda terhindar dari jenis peyakit serta membunuh virus yang sudah tumbuh dan berkembang pada tubuh Anda. Namun, jangan tambahkan sambal pada makanan yang Anda konsumsi. Sebab ini akan membuat luka pada cacar air akan semakin parah.

Sponsors Link

  1. Mengonsumsi Vitamin C

Vitamin C dipercaya mampu mengobati segala jenis penyakit begitu juga cacar air. Sebab vitamin C mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Jika tubuh Anda memiliki daya tahan yang baik maka segala virus terutama virus penyebab cacar air akan mati dan tidak mampu berkembang biak lagi pada tubuh. Anda bisa mendapatkan vitamin C dari bermacam sumber. Bisa saja brokoli, lemon, jeruk, atau jenis buah dan sayur lainnya. Cari tahu pula perbedaan cacar air dengan jerawat.

  1. Mengonsumsi Teh Herbal

Teh herbal mampu meredakan luka pada cacar air Anda. Selain itu, teh herbal juga memberikan stimulus agar tubuh merasa nyaman dan memberikan rasa relaksasi agar mampu berisitirahat dengan kualitas tidur yang baik. Anda juga bisa menambahkan madu pada teh tersebut agar teh herbal Anda lebih kaya rasa. Asalkan Anda tidak menambahkan banyak gula sebab mampu menambah rasa gatal dan perih apda luka akibat cacar air Anda.

Cacar air memang merupakan penyakit ringan. Tapi perlu diingat bahwa cacar air juga dapat menular sehingga jangan dianggap remeh agar tidak menjangkit kesehatan orang lain. Meski dapat sembuh sendiri, Anda juga perlu mengetahui beberapa hal yang dilarang atau dipantang untuk dilarang dan dikonsumsi agar cacar air segera kering. Jangan lupa untuk berobat ke dokter jika cacar air membuat Anda resah dan tak kunjung memberi tanda bahwa telah sembuh.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan