Sponsors Link

9 Buah yang Baik untuk Orang Cacar Air yang Wajib Anda Coba

Sponsors Link

Kita semua pasti sangat familiar dengan penyakit cacar air. Penyakit cacar air memang merupakan penyakit yang sangat umum terjadi di sekita kita. Meski penyakit ini bukan penyakit kulit yang langka, penyakit cacar air tetap membutuhkan penanganan yang tepat, terutama untuk mempercepat proses penyembuhannya. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini memang termasuk penyakit yang akan sembuh sendiri, namun bisa dipercepat prosesnya dengan mengkonsumsi buah yang baik untuk orang cacar air.

ads

Mengapa harus buah? Kita pasti sudah mengetahui bahwa buah-buahan mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi buah-buahan secara rutin tentu akan sangat membantu memperbaiki daya tahan tubuh yang selanjutnya bisa membantu melawan virus penyebab cacar.

Lalu, buah-buahan apa saja yang dimaksud? Berikut ini adalah aneka buah yang baik untuk orang cacar air yang bisa dikonsumsi secara rutin. Simak terus, ya!

  1. Kelapa muda

Kelapa muda merupakan buah yang sangat menyegarkan. Namun, ternyata kelapa muda ini juga bisa bermanfaat dalam meringankan penyakit cacar air, terutama jika mengkonsumsi air kelapa muda. Air kelapa muda sangat mirip dengan cairan tubuh sehingga bisa membantu mencegah dehidrasi yang rawan dialami oleh penderita cacar. Kelapa juga mengandung asam lauric yang bisa berubah menjadi monolaurin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, mengkonsumsi air kelapa muda akan membantu mengurangi demam tinggi saat cacar air.

Selain memanfaatkan air kelapa muda untuk dikonsumsi, Anda juga bisa menggunakan air kelapa muda ini sebagai pengobatan luar. Caranya adalah dengan menyiramkan air kelapa muda ke kulit yang menderita cacar air. Cara ini dipercaya bisa mempercepat proses pengeringan bintik cacar air sehingga penderita cacar air bisa lekas sembuh.

  1. Semangka

Sama dengan kelapa muda, buah semangka juga merupakan buah yang sangat menyegarkan untuk dikonsumsi. Tidak hanya itu, buah ini memiliki banyak air yang bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Siapa sangka jika buah semangka juga dipercaya memiliki khasiat mengobati cacar air secara alami. Akan tetapi, penggunaannya bukan dengan mengkonsumsi buah semangka, melainkan dengan memanfaatkan kulit dari buah semangka.

Caranya adalah dengan ambil kulit buah semangka tanpa dagingnya dan parut kulit buah tersebut hingga halus. Gunakan parutan kulit buah semangka ini sebagai masker atau kompres dengan menempelkannya di bagian kulit yang terkena cacar air hingga merata. Lakukan cara ini secara rutin hingga cacar mengering. Anda juga bisa mencoba cara mengobati cacar air dengan jagung yang hampir sama hasilnya.

  1. Tomat

Buah tomat telah lama dikenal sebagai buah yang baik untuk kesehatan kulit. Hal ini tidak mengherankan karena buah tomat mengandung vitamin E, vitamin A, dan B kompleks. Vitamin E di dalam buah tomat bisa membantu memulihkan kulit yang bopeng akibat bintik cacar air yang melepuh. Untuk mengkonsumsinya pun bisa disesuaikan dengan selera Anda, bisa dengan diolah menjadi jus ataupun dikonsumsi secara langsung. Agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, konsumsi tomat ini 2 kali sehari secara rutin pagi dan malam hari.

  1. Pepaya
Sponsors Link

Pepaya ternyata tidak hanya baik untuk pencernaan namun juga baik untuk cacar air. Pepaya mengandung vitamin C yang cukup banyak sehingga akan sangat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang baik tentu saja penyakit cacar yang disebabkan oleh virus dapat lebih mudah sembuh.

  1. Kiwi

Buah kiwi adalah pilihan buah lainnya yang juga mengandung vitamin C yang tinggi. Kiwi memang termasuk buah yang relatif mahal, namun buah kiwi ini sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita. Hal ini juga berlaku pada seseorang yang menderita penyakit cacar. Dia akan bisa membantu mempercepat penyembuhan penyakit cacar jika mengkombinasikan buah kiwi dengan konsumsi makanan sehat lainnya selama masa penyembuhan penyakit cacar air.

  1. Jeruk nipis

Tidak perlu dipertanyakan lagi jika jeruk nipis dan varian buah jeruk lainnya merupakan buah yang sangat baik dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin C yang dikandung oleh buah jeruk bisa memperbaiki imunitas tubuh dan membantu melawan virus dan penyakit yang sedang menyerang. Untuk membuat konsumsi jeruk nipis semakin menyenangkan, Anda bisa menyeduhnya dengan air hangat dan menambahkan madu untuk meningkatkan khasiatnya.

Sponsors Link

  1. Mengkudu

Mengkudu mungkin telah dikenal sebagai buah yang baik untuk menyembuhkan hipertensi dan diabetes. Tapi ternyata buah mengkudu juga bisa membantu menyembuhkan cacar air. Untuk mengkonsumsinya, Anda bisa mengolah 30 gram mengkudu matang menjadi jus dan mengkonsumsinya secara rutin 2 hingga 3 kali sehari.

  1. Strawberry

Strawberry memang tinggi akan vitamin C dan kaya akan antioksidan. Rasa asam pada buah strawberry merupakan salah satu tanda bahwa buah ini mengandung banyak vitamin C. maka, tidak heran jika mengkonsumsi buah strawberry juga dapat membantu penyembuhan cacar air.

  1. Alpukat

Alpukat termasuk makanan sehat untuk kesehatan kulit. Hal ini pun berlaku pada penderita cacar. Alpukat termasuk buah yang baik untuk orang cacar karena mengandung vitamin B6, vitamin A, vitamin C dan vitamin B1 yang kesemuanya baik untuk kesehatan tubuh. Buah ini bisa diolah menjadi jus lezat ataupun dimakan langsung. Namun yang perlu dicatat adalah hindari mengkonsumsi alpukat dengan susu karena masih terdapat perdebatan mengenai penderita cacar air minum susu yang dianggap berbahaya.

Tidak hanya itu, gejala cacar air seringkali dialami bersama dengan penyakit akibat virus lainnya, seperti flu, sakit tenggorokan, dan demam. Konsumsi buah-buahan yang tepat juga bisa membantu mengurangi gejala-gejala tersebut. Selamat mencoba!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman