Sponsors Link

5 Buah untuk Penderita Herpes yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Penyakit herpes termasuk dalam jenis penyakit kulit yang sangat ditakuti. Tidak hanya karena menimbulkan gejala sangat gatal dan sakit, penyakit herpes juga dianggap sebagai penyakit yang kotor. Penderita penyakit herpes akan mengalami gejala berupa munculnya gelembung-gelembung berkelompok di kulit. Penyakit yang disebabkan oleh virus simpleks 1 (HSV-1) ini membutuhkan penanganan dari dalam tubuh berupa penguatan daya tahan tubuh agar virus bisa dilawan dengan sendirinya. Salah satu cara memperkuat daya tahan tubuh ini adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan, khususnya buah untuk penderita herpes.

ads

Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah ada buah yang khusus bermanfaat untuk penderita herpes? Jawabannya adalah ya. Sebenarnya buah-buahan yang bermanfaat untuk penderita herpes ini bukanlah buah yang aneh atau sulit didapat. Buah-buahan ini sering kita temui di keseharian kita dan mengandung zat-zat vitamin maupun gizi lain yang bisa membantu pengobatan penyakit herpes. Buah apa sajakah itu? Simak terus, ya!

  1. Buah Pepaya

Buah yang sangat mudah tumbuh dimana pun ini ternyata memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan penyakit. Buah pepaya ini telah lama dikenal sebagai buah yang baik untuk membantu proses pencernaan. Tapi di balik buah pepaya yang sangat mudah kita temukan ini ternyata ada manfaat luar biasa yang mungkin jarang diketahui. Salah satunya adalah buah pepaya yang bermanfaat untuk membantu pengobatan penyakit herpes.

Buah pepaya kaya akan vitamin C yang telah kita ketahui secara luas mampu membantu menjaga daya tahan tubuh. Demikian pula pada penderita herpes, buah pepaya dapat membantu memulihkan imunitas tubuh hingga tubuh mampu melawan virus herpes yang sedang menyerangnya. Hal ini tidak mengherankan karena pepaya juga termasuk makanan sehat untuk kesehatan kulit. Maka, sembari Anda menjalani pengobatan sesuai dengan petunjuk dokter, tidak ada salahnya jika Anda juga mengkonsumsi buah pepaya untuk mempercepat penyembuhan.

Uniknya, tidak hanya buah pepaya yang bisa membantu penyembuhan herpes, melainkan daun pepaya juga memiliki khasiat yang sama. Daun pepaya mengandung vitamin B1, vitamin A, vitamin C, protein, kalori, lemak, kalsium, hidrat arang, enzim papain, karpain, karposit dan kandungan-kandungan lainnya yang membuat daun pepaya memiliki manfaat kesehatan yang sangat besar, termasuk melawan infeksi virus dan meningkatkan kekebalan tubuh. Anda bisa, lho, mencoba mengolahnya sebagai sayuran pendamping lauk pauk sehari-hari!

  1. Tomat merah

Tidak hanya vitamin C, menurut ahli nutrisi zat yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita herpes adalah betakaroten. Salah satu buah yang mengandung betakaroten adalah buah tomat merah. Buah tomat juga mengandung bioflavonoid yang juga bagus untuk membantu penyembuhan herpes. Dengan demikian, kita bisa menyimpulkan bahwa buah tomat ini sangat bagus dimasukkan ke dalam menu buah untuk penderita herpes.

Tomat segar memang dikenal sangat bagus untuk merawat kulit sehingga bisa digunakan juga sebagai masker dalam cara mengecilkan pori-pori kulit. Untuk pengobatan herpes, Anda bisa mengkonsumsi tomat merah ini langsung tanpa diolah menjadi jus, maupun mengolahnya menjadi jus tomat segar. Pastikan Anda telah mencuci bersih tomat merah sebelum mengkonsumsinya. Mengkonsumsi tomat merah secara teratur dapat membantu percepatan penyembuhan penyakit herpes.

  1. Mangga

Selain buah tomat merah, mangga juga termasuk jenis buah yang mengandung banyak betakaroten di dalamnya. Buah yang menyegarkan ini tentu akan sangat lezat dikonsumsi, baik dalam bentuk buah potong, maupun diolah menjadi jus yang saat ini telah banyak dijual di pasaran. Mangga juga sangat lezat dijadikan sebagai bahan rujak sehingga penderita herpes pun pasti akan dengan senang hati mau mengkonsumsi buah mangga sebagai salah satu cara mempercepat penyembuhan herpes.

Sponsors Link

  1. Wortel

Wortel yang sering kita jumpai di dalam sayur sup juga memiliki khasiat yang bagus untuk penderita herpes. Selain mengandung betakaroten yang tinggi, wortel juga mengandung banyak vitamin E sehingga cocok untuk memulihkan penyakit herpes yang menyerang kulit.

Seperti yang kita  ketahui, vitamin E sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit sehingga tentu saja kandungan ini akan sangat bermanfaat untuk menyembuhkan pernyakit herpes yang termasuk penyakit kulit. Bahkan, mengkonsumsi wortel secara rutin dipercaya menjadi cara mengobati kanker kulit secara alami, lho!

  1. Strawberry
Sponsors Link

Tidak perlu dipertanyakan lagi bahwa buah strawberry merupakan buah yang sangat tinggi vitamin C. Tidak hanya strawberry, jenis buah berry lainnya seperti blueberry dan blackberry juga mengandung banyak vitamin C dan antioksidan yang sangat bagus untuk kulit. Kandungan antioksidan bisa membantu mencegah penuaan dini, menghindarkan dari penyakit kanker dan penyakit-penyakit kulit lainnya. Bahkan, mencukupi kebutuhan nutrisi kulit dengan antioksidan juga bisa mencegah terjadinya penyebab pigmentasi kulit.

Nah, buah-buahan di atas tidak sulit untuk ditemukan, bukan? Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, usahakan untuk tidak terlalu lama mencuci ataupun memasak buah-buahan tersebut. Banyak vitamin dan mineral di dalam buah-buahan yang mudah larut dalam air, sehingga jika pengolahan dilakukan dengan cara yang kurang tepat maka manfaatnya pun akan kurang maksimal.

Sangat disarankan untuk Anda mengkonsumsi buah-buahan tersebut dengan cara dimakan langsung atau diolah menjadi jus buah. Anda bisa mengkombinasikan beberapa jenis buah sekaligus menjadi satu jus buah untuk memperkaya manfaat yang didapat. Disarankan jika Anda mengolah buah-buahan tersebut menjadi jus untuk tidak menambahkan gula atau meminimalisir penggunaan gula untuk membuat jus tersebut menjadi lebih sehat. Hal ini terutama berlaku untuk Anda yang memiliki riwayat diabetes. Perlu Anda ketahui bahwa diabetes juga akan mempengaruhi kesehatan kulit, seperti yang terjadi pada pengaruh sering bisul dengan gejala diabetes. Selamat mencoba!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman