Sponsors Link

5 Buah-Buahan Untuk Penderita Psoriasis yang Aman dan Bagus Dikonsumsi

Sponsors Link

Buah-buahan, sama dengan sayur-sayuran hijau, termasuk ke dalam jenis makanan yang kaya akan nutrisi. Mengkonsumsi buah-buahan secara rutin akan membuat Anda merasa penuh energi, bertenaga dan tidak mudah lelah. Tidak hanya itu, buah-buahan juga sangat baik untuk kesehatan kulit, bahkan dipercaya bisa menyembuhkan penyakit psoriasis. Lalu, buah-buahan apa yang baik untuk penderita psoriasis itu? Simak terus artikel kali ini, ya!

ads

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai jenis buah yang baik dikonsumsi oleh penderita psoriasis, tahukah Anda jika kondisi di dalam tubuh kita sangat mempengaruhi gejala psoriasis? Misalnya, kondisi keasaman di dalam tubuh yang terlalu tinggi bisa membuat gejala psoriasis semakin memburuk. Tingkat pH atau keasaman tubuh bisa meningkatkan pertumbuhan Candida dan mikroba jahat lainnya yang bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh. Selain itu, tingkat keasaman yang tinggi juga bisa mengganggu proses pencernaan dan metabolisme tubuh. Gangguan-gangguan tubuh seperti inilah yang akan membuat gejala psoriasis memburuk. Maka, dalam hal inilah mengkonsumsi buah-buahan akan sangat membantu untuk mengatasi gejala psoriasis yang dialami.

Seseorang yang mengkonsumsi buah-buahan dengan rutin akan membantu menetralisir tingkat keasaman di dalam tubuhnya. Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran juga sangat membantu melancarkan pencernaan serta mendorong proses detoksifikasi di dalam tubuh sehingga racun-racun yang tersisa di dalam tubuh mudah dikeluarkan.

Sebagai sedikit panduan singkat mengenai buah-buahan untuk penderita psoriasis, berikut adalah karakteristik buah yang baik untuk dikonsumsi:

  • Buah-buahan yang matang secara alami, dimana buah-buahan ini lebih bersifat alkali dan tidak akan menambah keasaman di dalam tubuh
  • Buah-buahan yang masuk dalam kategori ‘sedikit asam/sedikit alkali’, buah-buahan ini termasuk aman untuk dikonsumsi
  • Jika Anda lebih menyukai mengkonsumsi buah dengan cara diolah menjadi jus, pilih jus buah segar tanpa gula, alih-alih jus buah kemasan yang bersifat lebih asam.
  • Buah yang mengandung vitamin A, dimana vitamin A ini akan sangat membantu pertumbuhan sel kulit yang sehat. Bahkan, vitamin A atau retinoid telah banyak digunakan dalam perawatan kecantikan berupa obat topikal untuk mengatasi penyebab pigmentasi kulit dan psoriasis. Senyawa ini akan membantu memperlambat pertumbuhan sel kulit dan membatasi gejala psoriasis. Jika dikonsumsi dalam bentuk suplemen, dosis vitamin A harus disesuaikan dengan petunjuk dokter.
  • Vitamin D, yang akan sangat membantu mengurangi radang di dalam tubuh. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Dermatology, seseorang yang menderita penyakit psoriasis memiliki kadar vitamin D yang rendah di tubuhnya.
  • Vitamin C, yang telah luas kita ketahui baik sebagai antioksidan. Antioksidan ini memiliki peran besar dalam mengatasi psoriasis, yaitu dengan mencegah terjadinya kerusakan akibat stress oksidatif.
  • Vitamin E, yang juga telah dikenal sebagai vitamin kulit dan bahan pengobatan hiperpigmentasi. Menurut sebuah penelitian, suplemen vitamin E akan membantu memperbaiki tingkat selenium pada seseorang yang menderita psoriasis. Vitamin E dan selenium ini akan membantu melindungi tubuh dari stress oksidatif dengan fungsinya sebagai antioksidan.
  • Kandungan lemak sehat, dimana terdapat pendapat bahwa gejala psoriasis dapat dikontrol melalui pengurangan berat badan. Terdapat pendapat bahwa seseorang yang menderita obesitas lebih rentan mengalami psoriasis. Maka, mengkonsumsi lemak sehat akan sangat membantu untuk mengendalikan berat badan ini.

Semua kandungan di atas memang bisa didapatkan melalui konsumsi suplemen ataupun obat tradisional psoriasis. Namun, alangkah baiknya jika Anda mendapatkan kandungan-kandungan tersebut dari makanan segar dan alami, seperti buah-buahan. Oleh karena itu, berikut ini adalah buah-buahan untuk penderita psoriasis yang perlu untuk diketahui:

  1. Jeruk

Seperti yang disebutkan di atas, bahwa vitamin C dan vitamin D akan sangat baik untuk membantu mengendalikan gejala psoriasis. Buah jeruk, seperti yang telah kita kenal sejak lama, mengandung vitamin C yang tinggi dan juga vitamin D yang dibutuhkan oleh penderita psoriasis.

Sponsors Link

Anda bisa mengkonsumsi buah jeruk secara langsung ataupun mengolahnya menjadi jus yang menyegarkan. Perlu diigat, sebisa mungkin jangan menambahkan gula ke dalam jus Anda. Anda pun bisa mengganti jeruk dengan buah-buahan sejenis lainnya, misalnya lemon ataupun jeruk nipis.

  1. Alpukat

Alpukat mengandung lemak yang sehat untuk tubuh sehingga bisa menjadi makanan yang baik untuk penderita bisul. Tidak hanya itu, bagi Anda yang ingin mengurangi berat badan, mengkonsumsi alpukat ataupun jus alpukat satu porsi setiap hari akan sangat membantu menjaga Anda tetap merasa kenyang. Alpukat juga mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan sehingga bisa membantu menjaga metabolisme tubuh tetap sehat.

  1. Buah Berry

Buah berry, seperti strawberry, blueberry, raspberry, dan lain-lain mengandung banyak sekali antioksidan yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh dan kesehatan kulit. Bahkan, buah strawberry dan sejenisnya bisa menjadi cara mengecilkan pori-pori kulit. Buah-buahan ini memang cukup sulit untuk ditemukan di negara kita yang tropis, namun kini telah banyak dijual di supermarket. Anda bisa mengkonsumsi buah berry secara langsung setiap hari atau menjadikannya topping untuk oatmeal di sarapan pagi Anda.

Sponsors Link

  1. Apel

Pernah dengar pepatah ‘One apple a day, keeps doctor away’? Ya, pepatah ini memang sangat cocok diberikan untuk buah apel. Buah ini dikenal memiliki banyak sekali kandungan yang menyehatkan yang sangat membantu menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Jika tubuh Anda sehat, metabolisme lancar, dan kekebalan tubuh baik, maka bisa dipastikan gejala psoriasis yang Anda alami dapat membaik.

  1. Pir

Buah pir bisa menjadi opsi lain jika kamu telah bosan mengkonsumsi apel. Buah pir juga mengandung cukup banyak air yang tentu akan sangat membantu membuatmu merasa lebih kenyang, terutama jika kamu menjalani diet sehat untuk mengurangi gejala psoriasis.

Nah, bagaimana pilihan buah-buahan untuk penderita psoriasis di atas? Sangat menarik untuk dicoba, bukan?

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman