Sponsors Link

Apakah Penderita Biduran Diperbolehkan untuk Mandi dan Bagaimana Caranya?

Sponsors Link

Interaksi kulit dengan air adalah salah satu kekhawatiran yang dimiliki oleh penderita penyakit kulit. penyakit kulit biasa ditandai dengan munculnya ruam-ruam di permukaan kulit. Jenis-jenis ruam kulit yang mengindikasikan kesehatan kulit Anda memburuk ada banyak sekali, salah satu yang kerap menyerang adalah biduran. Oleh karena itulah, penderita biduran banyak yang tidak yakin apakah mereka boleh mandi atau tidak.

ads

Biduran adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh berbagai jenis alergen. Alergen atau penyebab biduran merupakan hal yang luas, mulai dari beberapa jenis makanan dengan kandungan tertentu, obat-obatan, iritasi bahkan suhu udara. Penyakit kulit ini diketahui diderita oleh lebih dari dua juta masyarakat Indonesia pertahun. Meski bukan merupakan penyakit kulit yang mematikan, tetap saja biduran perlu disembuhkan dengan cepat.

Pengaruh Mandi terhadap Biduran Anda

Untuk menjawab pertanyaan apakah penderita biduran diperbolehkan untuk mandi atau tidak, Anda harus mampu mengidentifikasi gejala dan penyebab kenapa biduran muncul di permukaan tubuh Anda. Beruntungnya, penyakit yang bisa menyerang Anda dalam waktu harian hingga mingguan ini mudah untuk diidentifikasi secara pribadi. Gejala yang paling mencolok adalah munculnya ruam berwarna merah yang gatal. Ketahui perbedaan biduran dan kanker kulit untuk mencegah Anda dari melakukan pengobatan yang salah.

Ada pun penyebab biduran yang paling umum adalah alergi yang disebabkan oleh makanan, beberapa jenis obat-obatan, iristasi dan suhu udara yang dingin. Karena bisa hilang bahkan tanpa diobati, Anda bisa meminimalisasi perkembangan biduran di dalam tubuh Anda dengan menggunakan obat antihistamin. Selain itu juga dengan menghindari penyebab utama Anda mengalami biduran

Dr. Yusi Caprianti dalam laman alodokter menyebutkan bahwa mandi bukanlah sebuah masalah bagi penderita biduran. Anda bisa mandi dengan bebas ketika Anda mengalami biduran. Malah, mandi akan membantu menghilangkan berbagai jenis bakteri dan jamur dari permukaan kulit Anda. Anda bisa menggunakan air dingin ataupun air hangat ketika mandi saat menderita biduran.

Hanya saja yang perlu menjadi catatan adalah jika salah satu penyebab Anda mengalami biduran adalah suhu dingin, usahakan untuk mandi dengan air hangat. Hal ini dilakukan utnuk memperkecil kemungkinan aktivitas mandi bisa membuat biduran yang Anda derita menjadi lebih parah dari sebelumnya. Sama halnya seperti bagaimana halnya aktivitas mandi yang tidak benar mampu memperparah keluhan cacar ular, maka dari itu tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengetahui ciri-ciri cacar ular.

Tips Mandi Aman untuk Penderita Biduran

Jika Anda masih merasa tidak nyaman atau khawatir terhadap kondisi biduran Anda ketika mandi, maka Anda perlu memerhatikan beberapa tips ini.

  • Menggunakan suhu air yang sesuai sebab suhu menjadi salah satu pencetus Anda mengalami keluhan biduran. Jika suhu bukan penyebab Anda mengalami biduran, Anda bisa menggunakan suhu air apa pun untuk mandi.
  • Menggunakan sabun dengan komposisi yang ringan seperti sabun bayi, hal ini untuk mengatasi interaksi zat kimia dengan permukaan kulit Anda. Jika Anda sering mengalami biduran, hal tersebut bisa menunjukkan bahwa kulit Anda sensitif. Kulit yang sensitif ditandai dengan lapisan lipid yang tipis. Lapisan lipid yang tipis membuat kulit Anda tidak bisa menjalankan fungsi perlindungannya dengan baik.
  • Jika Anda enggan menggunakan sabun, masukanlah beberapa bahan yang mampu membuat keluhan biduran Anda berkurang ke dalam air untuk berendam. Beberapa bahan tersebut adalah soda kue, oatmeal mentah, serta oatmeal koloid.
  • Lekas keringkan dan gunakan obat oles jika Anda selesai mandi. Jangan biarkan permukaan kulit Anda terus lembab. Keringkanlah dengan lembut menggunakan handuk bersih. Lantas kenakan baju yang tipis dan longgar. Baju tebal dan tertutup mampu membuat tubuh Anda memproduksi keringat yang tidak baik untuk biduran.
Sponsors Link

Setelah mandi, mulailah untuk menghangatkan tubuh dengan mengonsumsi jenis-jenis makanan yang baik untuk kesehatan kulit Anda. Anda juga bisa mengombinasikan makanan Anda dengan makanan yang dianjurkan untuk penderita herpes zoster. Salah satu jenis minuman yang paling direkomendasikan adalah air kelapa. Air kelapa bagus untuk mengobati biduran. Cara mengobati biduran dengan air kelapa bisa lewat konsumsi langsung atau diaplikasikan pada kulit Anda secara merata.

Selagi dan setelah mandi, usahakan untuk tidak hanya menyegarkan tubuh melainkan membuat pikiran Anda ikut menjalani relaksasi. Relaksasi membantu menghilangkan beban pikiran yang membuat kepala Anda stres. Sementara itu, stres adalah salah satu pencetus biduran karena membuat ujung-ujung saraf di permukaan kulit Anda menjadi sensitif. Terhindar dari stres juga bisa menjadi obat biduran alami yang sangat membantu dalam tahap penyembuhan dan pencegahan.

Dari uraian di atas sudah jelas bahwa mandi bukanlah sebuah masalah untuk dilakukan ketika Anda mengalami biduran. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika mandi agar tidak memberikan pengaruh yang buruk terhadap kondisi kulit Anda adalah suhu air yang digunakan, jenis sabun, serta penggunaan beberapa perlengkapan seperti handuk ketika Anda mengeringkan tubuh dan pilihan baju. Dengan begitu, Anda tetap bisa membuat tubuh dan kulit Anda segar serta terhindari dari debu dan kotoran yang menempel tanpa khawatir biduran Anda akan menjadi semakin parah.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup