Sponsors Link

Bisul Sudah Pecah Tapi Masih Sakit? Apa Penyebabnya?

Sponsors Link

Bisul memang termasuk penyakit yang sering dianggap ringan. Padahal sebenarnya, penyakit bisul merupakan menjadi salah satu tanda penyakit lain. Ada pengaruh tersendiri antara bisul dengan beberapa penyakit lain yang disebabkan karena virus atau bakteri. Seperti misalnya pengaruh darah kotor pada bisul, hingga pengaruh sering bisul dengan diabetes. Bahkan terdapat juga hubungan bisul dengan pembengkakan kelenjar getah bening. Untuk itu penting sekali diperhatikan mengenai apa saja yang menjadi pertanda hingga gejala penyakit bisul itu sendiri.

ads

Selain wajib memperhatikan gejala dari penyakit bisul itu sendiri, Anda juga harus mengetahui apa saja yang menyebabkan bisul terasa sakit setelah dipencet. Banyak penderita yang mengeluhkan bahwa bisul sudah pecah tapi masih sakit. Ada beberapa hal yang juga menyebabkan bisul terasa sakit meskipun sudah pecah.

Penyebab Bisul Bisa Pecah

Di bawah ini kami akan memberikan ulasan mengapa dan apa yang menjadi penyebab rasa sakit pada bisul yang sudah pecah ini. Berikut ini merupakan daftar dari penyebab bisul sudah pecah tapi masih sakit tersebut.

1. Peradangan bisul

Peradagan menjadi salah satu hal yang menyebabkan bisul sudah pecah tapi masih sakit. Peradangan bisul yang sudah pecah ini diakibatkan oleh cara memecahkan bisul yang tidak tepat. Sehingga kuman atau bakteri malah masuk ke dalam luka bekas bisul dan menjadi radang. Beberapa hal yang menjadi gejala peradangan bisul ini seperti misalnya:

  • Pembengkakan pada bekas bisul dan area kulit di sekitarnya
  • Munculnya nanah pada bekas bisul
  • Demam hingga meriang
  • Pada peradangan yang sudah parah, sendi di sekitar bisul akan sulit untuk digerakan

Bisul yang sudah pecah dan menjadi radang ini diakibatkan karena daya tahan tubuh yang lemah. Sehingga kuman dan bakteri yang masuk dengan cepat menjadi infeksi hingga meradang. Tak salah memang bila ini dikatakan sebagai salah satu bahaya memecahkan bisul yang tidak tepat.

2. Dermatitis

Bisul sudah pecah tapi masih sakit juga bisa karena adanya dematitis atau masalah kulit lain. Beberapa masalah kulit, ditandai dengan munculnya bisul. Untuk itu memang tak ada salahnya memeriksakan diri bila bisul yang dialami mulai terlihat membengkak, muncul ruam merah di sekitar bisul, hingga terdapat nanah dan juga terasa sakit bahkan ketika bisul sudah pecah. Anda juga sebaiknya mengetahui apa saja perbedaan kista bartholin dengan bisul di vagina. Sehingga tahu dengan pasti bagaimana cara penanganan untuk kedua penyakit tersebut.

3. Daya tahan menurun

Sempat kami singgung di atas bahwa salah satu penyebab peradangan yang mengakibatkan bisul sudah pecah tapi masih sakit karena daya tahan yang menurun. Selain menyebabkan peradangan, daya tahan tubuh yang menurun dan menjadi bisul ini pun menjadi ciri dari penyakit lain. Seperti salah satunya penyakit karena virus HIV.

Virus HIV mengganggu daya tahan pada tubuh. Sehingga bakteri, kuman, serta virus yang mengakibatkan penyakit lain lebih cepat masuk dan menginfeksi. Inilah mengapa, bila sering mengalami bisul hingga bisul tetap terasa sakit meski sudah pecah Anda sebaiknya melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Sponsors Link

Bisul yang disebabkan karena adanya virus HIV pada tubuh memiliki beberapa ciri khusus. Misalnya bisul tumbuh di banyak lokasi di kulit, waktu penyembuhan yang lama, mudah terjadi infeksi dan radang pada bisul, bisul sudah pecah tapi masih sakit, hingga bisul berwarna lebih merah, bengkak, dan juga timbul ruam di beberapa bagian tubuh lain.

4. Adanya Tumor

Bisul sudah pecah tapi masih sakit rupanya juga bisa diakibatkan karena tumor jinak. Hal ini biasanya ditandai dengan pembengkakan pada bisul dalam waktu yang lama. Untuk memastikan apakah bisul ini sebagai gejala dari munculnya tumor, penderita sebaiknya melakukan pemeriksaan menyeluruh di rumah sakit.

Dimana nantinya dokter akan memeriksa dengan pasti apakah bisul tumbuh karena terjadinya penyumbatan folikel rambut yang disebabkan oleh bakteri, hingga menimbulkan pembengkakan, ruam merah, hingga rasa nyari. Atau karena adanya perkembangan sel pada jaringan yang tidak sewajarnya. Hingga akhirnya menjadi tumor.

Sponsors Link

Selain beberapa penyebab dari bisul sudah pecah tapi masih sakit di atas, juga ada beberapa alasan lain. Bisul yang terasa sakit meski pun sudah pecah bisa disebabkan karena kelelahan yang berlebihan, kurangnya asupan gizi, terjadinya radang sendi asam urat atau gouty arthritis, erisipelas, selulitis, gigitan serangga, candidiasis kutan, konsumsi suplemen steroid yang berlebihan dan dalam waktu panjang, hingga karena penyakit lain seperti diabetes.

Untuk itu sebaiknya ketika bisul sudah menunjukan tanda-tanda pembengkakan, langkah pertama yang bisa Anda lakukan ialah dengan memeriksakan ke dokter. Dokter nantinya akan mendiagnosis penyebab dari bisul dan memberikan penanganan yang tepat. Entah itu dengan memberikan obat antibiotik, hingga memecahkan bisul dengan operasi atau lainnya. Sehingga bisul yang sudah pecah tidak terasa sakit. Anda juga bisa mengonsumsi obat bisul tradisional atau pun makan makanan yang baik untuk penderita bisul.

Bisul merupakan contoh penyakit yang terdengar remeh, namun sebaiknya sama sekali tidak diremehkan. Untuk itu, semoga informasi mengenai bisul sudah pecah tapi masih sakit yang kami berikan di atas bisa berguna dan membantu Anda mengatasi penyakit ini.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Bisul