Sponsors Link

Bisul Karena Imunisasi BCG: Gejala, dan Pengobatan

Sponsors Link

Imunisasi BCG merupakan kepanjangan dari Bacillus Calmette-Guérin yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang dengan sangat aktif pada penyakit tuberkolosis (TBC), dengan cara melakukan vaksinasi BCG dan memasukkan nya ke dalam tubuh, sehingga tubuh akan menghasilkan zat antibody yang akan melindungi dari penyakit TBC.

ads

Untuk bunda yang lupa atau terlewat setelah bayi anda lewat dari 3 bulan, bayi sebelumnya harus menjalani tes tuberkulin terlebih dahulu. Berarti ini perlu wajib anda tahu, pada imunisasi ini biasanya di lakukan oleh bayi secara umum yang dilakukan pada usia awal lahir sampai paling lambat yaitu 3 bulan. (Baca juga : Cara Mengobati Bisul Dikemaluan)

  • Hal yang perlu diperhatikan

Biasanya penyuntikan imunisasi BCG ini dilakukan dilengan bagian kiri atas. Dosis yang akan diberikan pada imunisasi BCG adalah sebanyak 0.05 ml ini untuk bayi berusia dibawah 1 tahun. Karena lokasi penyuntukan dilengan bagian kiri atas, maka lengan tersebut jangan terkena air terlebih dahulu sampai beberapa hari kemudian. Imunisasi BCG ini tergolong imunisasi yang wajib diberikan terlebih untuk kita orang indonesia, yang mana merupakan salah satu negara endemis Tuberclosis. Penyebaran penyakit ini pun sangat mudah, cepat dan sangat menular. Tapi ada yang perlu bunda perhatikan juga sebelum imunisasi BCG karena ada beberapa kondisi bayi yang menjadikan imunisasi BCG bisa ditunda :

  1. Demam tinggi,
  2. Infeksi kulit,
  3. HIV positif,
  4. Kondisi yang memperlemah sistem imunitas,
  5. Bayi yang sudah terinfeksi tuberkolosis.
  • Gejala dan efek samping BCG

Biasanya setelah imunisasi BCG reaksi kerjanya itu sangat lambat tetapi ada efek samping yang akan diterima oleh bayi anda seperti :

  1. Luka yang melepuh disekitar bekas suntikan, tidak jarang akan merasa sakit selama beberapa hari.
  2. Setelah kurang lebih 2 – 6 minggu akan timbul pembengkakan didaerah suntikan dan akan menimbulkan cairan seperti bisul.
  3. Terkadang terjadi peradangan yang agak berat, hal ini biasanya terjadi karena kesalahan penuntikan dengan dosis yang tinggi. Namun bisa sembuh setelah beberapa minggu.

Imunisasi BCG sangat jarang ditemukan untuk efek samping yang berupa reaksi alergi anafilaktik. Tapi, anda harus tetap mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan jika timbul alergi. Jangan panik apabila menemukan hal-hal diatas, tetap sikapi dengan tenang karena itu bisa sembuh dengan sendirinya tidak perlu khawatir. Jangan biarkan anda dan bayi anda mengotak-atik tempat penyuntukan Imunisasi BCG. Namun apabila efek samping nya tak kunjung sembuh, segerakan konsultasi ke dokter atau petugas kesehatan disekitar anda. (Baca juga: Kelebihan Mengkonsumsi Protein Menimbulkan Bisul)

  • Pengobatan dari efek samping BCG

Bayi tetap boleh dimandikan. Benjolan atau peradangan boleh terkena air dan sabun, namun jangan sampai ditekan-tekan. Apabila sudah terlanjur bernanah, jangan bersihkan atau obati dengan menggunakan alkohol atau obat luka seperti Betadine ataupun salep apapun. Hanya cukup bunda seka dengan kain kasa yang steril dan air hangat saja. Bisul atau peradangan memang menjadi respon yang umum terjadi.

Anda baru saja membaca artikel Bisul yang Diakibatkan dari Imunisasi BCG. Semoga bisa bermanfaat untuk untuk anda, mohon seberkan informasi penting didalam artikel ini untuk keluarga dan kerabat anda. (Baca Juga : Bisul Timbul Karena Adanya Alergi Pada Susu)

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Bisul