Sponsors Link

Benjolan Berisi Air Di Telapak Kaki: Penyebab, Bahaya, dan Pengobatannya

Sponsors Link

pengobatan mata ikanBenjolan berisi air di telapak kaki, adalah suatu kondisi dimana kaki lecet atau terkena goresan saat beraktivitas. Kondisi ini juga kerap disebut lecet berair. Kaki Anda akan terlihat memiliki benjolan seperti gelembung berisi air yang berada di lapisan cara mencegah kulit keriput luar kaki. Ketika hal ini terjadi, akan sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja, atau di biarkan terkelupas karena akan menimbulkan infeksi. Untuk itu, benjolan tersebut perlu penanganan lebih lanjut agar tidak membahayakan kesehatan Anda. Sebelum itu, Anda perlu mengetahui beberapa hal penting mengenai benjolan berisi air di telapak kaki ini.

ads

Penyebab Benjolan Berair Di Kaki

Selain itu, benjolan berisi air di telapak kaki dapat terjadi karena berbagai hal. Penyebab inilah yang perlu di perhatikan agar Anda dapat mencegah dan menghindari adanya benjolan berair di telapak kaki Anda. Berikut ini adalah penyebab benjolan berair di telapak kaki:

  1. Eksim Dishidrotik – Eksim dishidrotik adalah penyakit yang terjadi akibat luka lepuh yang berukuran kecil dan berair, terjadi di daerah tangan, sela-sela jari tangan, telapak tangan dan telapak kaki. Penyakit ini juga terjadi karena kulit yang  meradang. Eksim dishidrotik ini sangat berpotensi membuat Anda merasakan benjolan berair ketika terjadi selama berhari-hari. Selain itu, eksim hishidrotik ini biasanya terasa gatal dan nyeri seperti terbakar.
  2. Dermatitis Kontak Iritas – Penyakit ini terjadi karena kulit yang meradang akibat dari iritasi. Hal ini dapat ditimbulkan oleh bahan-bahan yang digunakan pada cara membersihkan telapak kaki yang hitam Anda. Seperti alas kaki yang mengandung zat pewarna, alas kaki yang lembab, dan kebiasaan tidak menggunakan alas kaki. Dermatitis biasanya akan membuat Anda merasa panas, nyeri dan gatal yang tidak henti.
  3. Eksim Atopik – Berbeda dengan eksim dishidrotik, eksim atopik terjadi karena rasa gatal yang muncul secara terus menerus hingga menimbulkan kemerahan pada kulit. Namun, eksim atopik akan menimbulkan rasa gatal diseluruh tubuh dan lebih parah di malam hari. Eksim atopik dapat dilihat ketika kulit Anda mulai menjadi kasar, bersisik, menebal, bahkan terkadang mengeluarkan darah.

Bahaya Benjolan Berair Di Kaki

Setelah mengetahui penyebab apa saja yang dapat menimbulkan benjolan berisi air di telapak kaki. Hal tersebut ternyata memiliki potensi bahaya bagi kesehatan tubuh Anda. Beberapa hal tersebut ialah:

  • Herpes

Salah satu bahaya yang disebabkan oleh benjolan berisi air di telapak kaki adalah penyakit herpes. Herpes adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi pada organ kulit tubuh manusia. Penyakit ini cukup berbahaya karena dapat berujung pada kematian.

  • Impetigo

Selain herpes, Anda juga berkemungkinan mengalami impetigo jika tidak mengobati sesegera mungkin benjolan tersebut. Sementara itu, impetigo itu sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri, biasanya berupa bercak-bercak luka atau bercak lepuh berwarna kuning atau coklat.

  • Kutu Air

Bahaya yang dapat timbul lainnya adalah penyakit kutu air. Kutu air ini biasanya juga dikenal dengan tinea pedis, yaitu jamur yang menular pada kulit obat telapak kaki kering atau tangan hingga ke bagian kuku. Penyakit ini biasanya menyerang pada orang-orang yang sering bersentuhan dengan air seperti atlet atau pekerja umum.

Pengobatan Benjolan Berair Di Kaki

Untuk menghindari bahaya-bahaya yang disebabkan oleh benjolan berisi air di telapak kaki, Anda perlu melakukan pengobatan yang tepat dan benar untuk mencegah komplikasi penyakit lainnya. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda terapkan.

  1. Membersihkan kulit dengan sabun, lalu bilas dengan air dingin. Setelah itu keringkan dengan menggunakan handuk.
  2. Usapkan alkohol pada benjolan secara perlahan, tunggu hingga kering.
  3. Gunakan jarum steril yang telah dipanaskan, lalu tusuk secara perlahan bagian benjolan tersebut. Setelah itu bersihkan dengan kapas, oleskan antibiotik lalu tutup dengan plester.
  4. Gunakan kaus kaki dengan bahan lembut sebelum memakai sepatu.
  5. Tetap jaga agar kaki dalam keadaan kering dan bebas debu.
  6. Jangan menggunakan alas kaki yang sempit dan hindari gesekan telapak kaki pada permukaan kasar.

Dengan demikian, benjolan berisi air di telapak kaki yang dapat Anda ketahui untuk menjaga kesehatan kulit telapak kaki Anda. Hal ini juga akan berdampak pada seluruh kesehatan tubuh Anda. Jaga kesehatan dan perhatikan lingkungan sekitar Anda.

Sponsors Link
, , , ,