Sponsors Link

Benarkah Cacar Air Boleh Makan Mie? Apakah Tidak Berbahaya?

Sponsors Link

Cacar air memang merupakan penyakit yang mengganggu. Terkait dengan penyakit ini pun terdapat banyak mitos dan fakta yang beredar di masyarakat. Sama seperti adanya kepercayaan tentang makanan yang dilarang untuk penderita campak, demikian juga halnya dengan penderita cacar air. Salah satu kepercayaan yang sering beredar di masyarakat adalah bahaya makan mie pada penderita cacar air. Di sisi lain ada juga yang berpendapat bahwa makan mie boleh-boleh saja untuk penderita cacar. Jadi, benarkan penderita cacar air boleh makan mie? Yuk, simak terus untuk tahu jawabannya!

ads

Penyebab cacar air adalah virus varicella zoster yang bisa dengan mudah ditularkan ke orang lain, terutama ketika kondisi orang tersebut sedang tidak baik. Gejala cacar air yang utama adalah munculnya lenting berisi air di seluruh tubuh. Setidaknya setiap orang pernah mengalami penyakit cacar air ini satu kali selama hidupnya. Tidak hanya menyerang anak-anak, orang yang sudah berusia dewasa pun tetap bisa mengalami cacar air. Penyakit ini mudah menular, terutama jika kondisi tubuh seseorang tidak sedang dalam daya tahan tubuh yang bagus.

Begitu pula pada saat sedang terserang penyakit cacar air, daya tahan tubuh yang baik sangat dibutuhkan untuk bisa melawan virus yang menyerang. Oleh karena itu, makan makanan yang sehat dan bergizi sangat dibutuhkan. Secara medis, tidak ada pantangan makanan apapun, kecuali jika Anda memang memiliki alergi terhadap bahan makanan tertentu yang bisa menimbulkan peradangan di kulit.

Baguskah mie di makan untuk penderita cacar?

Oleh karena itu, jika kondisi tubuh Anda normal, makan mie tidak akan memberi bahaya apapun. Sebenarnya, mie tidak akan memberi dampak buruk terhadap kondisi cacar air yang dialami. Namun, kita harus kembali lagi bertanya, apakah mie termasuk makanan yang bergizi untuk mempercepat penyembuhan?

Mie merupakan makanan olahan dari tepung terigu dan telur. Kandungan telur di dalam mie ini seringkali menimbulkan alergi pada orang-orang tertentu yang bisa membuat kulit meradang, gatal, hingga memicu munculnya bisul. Bahkan, telur yang mengandung protein tinggi juga dianggap tidak baik untuk kesehatan kulit, karena kelebihan mengkonsumsi protein menimbulkan bisul. Namun, pada orang-orang yang tidak alergi, terutama jika mengkonsumsinya tidak dalam kadar yang banyak, mie tidak akan menimbulkan reaksi negatif apapun. Mie bisa diolah menjadi berbagai macam masakan dan bisa dijadikan makanan sumber karbohidrat pengganti nasi.

Apakah bahaya makan mie pada penderita cacar?

Namun, jika mie yang dimaksud adalah mie instan yang banyak mengandung pengawet dan MSG, tentu makanan ini tidak baik jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Mie instan tidak termasuk makanan yang bergizi untuk bisa mempercepat penyembuhan cacar air. Meski tidak menimbulkan efek buruk untuk kondisi cacar yang dialami, mengkonsumsi mie instan terlalu sering akan berbahaya untuk kesehatan tubuh secara umum.

Tidak hanya itu, mie instan atau masakan mie yang terlalu asin atau pedas juga bisa menimbulkan ketidaknyamanan di tenggorokan untuk penderita cacar. Biasanya, seseorang yang menderita penyakit cacar juga mengalami gejala seperti radang tenggorokan. Cacar air disertai radang tenggorokan ini jika memakan makanan terlalu asin atau pedas, yang biasanya menjadi bumbu favorit di makanan mie, kondisi tenggorokan penderita cacar air pun bisa memburuk. Jadi, sebenarnya mie tidak berbahaya untuk penderita cacar, namun akan sedikit menimbulkan reaksi yang lebih buruk untuk gejala-gejala yang biasanya menyertai penyakit cacar air.

Penanganan Tercepat Untuk Penderita Cacar

Untuk itu, Anda perlu melakukan beberapa cara agar bisa mempercepat penyembuhan penyakit cacar air. Cacar air, seperti halnya penyakit akibat virus lainnya, memang merupakan penyakit yang akan sembuh dengan sendirinya. Namun, kita bisa mempercepat penyembuhan dengan melakukan langkah-langkah berikut:

Sponsors Link

  • Makan makanan yang bergizi – hal ini sangat penting karena daya tahan tubuh sangat berpengaruh dalam proses penyembuhan penyakit cacar. Makanan yang bergizi tidak terbatas pada nasi dan lauk pauk. Bisa juga berupa mie yang telah diolah dengan sayuran dan protein yang seimbang.
  • Istirahat yang cukup – beristirahat cukup juga akan sangat membantu pemulihan tubuh dari penyakit cacar air.
  • Menjaga kebersihan – selalu pastikan kulit dalam keadaan bersih agar tidak terjadi infeksi di lenting cacar air yang timbul. Hindari juga menggaruk lenting cacar sebagai cara agar cacar air tidak berbekas yang paling mudah dilakukan.
  • Hindari pencetus alergi – alergi terhadap bahan makanan atau zat kimia tertentu bisa menimbulkan peradangan di kulit yang memperburuk cacar. Oleh karena itu Anda harus menghindari pencetus alergi jika Anda memang memiliki alergi terhadap bahan tertentu.
  • Pengobatan anti virus – pengobatan anti virus bisa dilakukan dengan pemberian asiklovir. Obat ini umumnya diberikan untuk penderita cacar air usia remaja karena di usia ini biasanya cacar air yang diderita lebih berat.
  • Konsultasi dokter – dokter akan membantu pengobatan dengan memberi resep yang bisa mengatasi gejala lain yang menyertai cacar air.

Demikian pembahasan mengenai bahaya atau tidaknya mengkonsumsi mie untuk penderita cacar air. Dapat disimpulkan, mengkonsumsi mie termasuk mie instan bukan merupakan pantangan untuk penderita cacar air. Namun, tentu saja dengan syarat mengkonsumsi mie ini tidak berlebihan dan tidak disertai dengan pemberian MSG ataupun pengawet.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman