Sponsors Link

10 Bedak untuk Biang Keringat Pada Bayi Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Biang keringat atau miliaria adalah salah satu masalah kesehatan yang menyerang kulit. Seseorang bisa terkena biang keringat apabila ia mengalami kondisi yang mana sel kulit mati, keringat, dan  bakteri terjebak di bawah kulit. Biang keringat bisa muncul area kulit tubuh mana saja. Akan tetapi ada bagian-bagian area kulit tubuh tertentu yang lebih rentan untuk terkena biang keringat. Bagian kulit tubuh yang rentan terkena biang keringat di antaranya:

ads
  • Leher
  • Ketiak
  • Siku
  • Dada
  • Bahu
  • Pangtkal paha
  • Punggung
  • Jidat
  • Dan area kulit tubuh lainnya yang lebih mudah berkeringat

Masih banyak orang yang keliru membedakan perbedaan biang keringat dan cacar air serta perbedaan biang keringat dengan herpes. Padahal ketiga penyakit tersebut sangat berbeda. Biang keringat khususnya, mampu terjadi pada siapa saja. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja tanpa melihat usia maupun jenis kelamin. Meskipun demikian, ada beberapa kategori orang yang lebih rentan terkena biang keringat. Mereka itu adalah:

  • Bayi dan anak-anak. Mereka memiliki kelenjar keringat yang belum terbentuk secara sempurna, sehingga pada saat mereka berkeringat, besar kemungkinannya untuk mereka mengalami biang keringat sebab keringat bisa terperangkap di bawah kulit mereka.
  • Orang yang menempati wilayah yang memiliki iklim tropis. Wilayah yang beriklim tropis biasanya memiliki cuaca yang lebih panas, sehingga orang yang tinggal di daerah ini akan lebih sering berkeringat dengan mudah.
  • Orang yang memakai pakaian yang tidak ramah keringat. Ada jenis pakaian yang terbuat dari kain yang tidak bisa menyerap keringat, sehingga jenis pakaian ini dapat menyebabkan keringat terjebak di bawah kulit.
  • Orang yang mengidap obesitas atau kelebihan berat badan. Mereka biasanya lebih sering berkeringat.

Biang keringat itu sendiri terbagi ke dalam empat jenis berdasarkan gejala yang ditimbulkannya. Berikut adalah empat jenis biang keringat beserta dengan ciri-ciri biang keringat yang ditimbulkannya:

  1. Miliria Crystalina

Biang keringat berjenis ini merupakan biang keringat yang paling ringan dan paling umum untuk terjadi. Penyebab utama biang keringat berjenis ini adalah terperangkapnya keringat di bawah kulit. Adapun gejala biang keringat miliria crystalina, di antaranya:

  • Muncul benjolan atau bintik-bintik merah pada kulit yang terkena biang keringat
  • Bintik-bintik tersebut berisi cairan dan dapat pecah dengan mudah
  • Kulit yang terserang mengalami pembengkakkan ringan dan ruam
  • Muncul rasa gatal pada area kulit yang terserang biang keringat

2. Miliria Rubra

Biang keringat berjenis miliria rubra pada umumnya lebih sering dialami oleh orang dewasa diabndingkan oleh anak-anak atau bayi. Ciri-ciri biang keringat miliria rubra sama seperti ciri biang keringat miliria crystalina. Hanya saja miliria rubra akan memunculkan sensai nyeri dan perih seperti tersengat pada area kulit yang terkena biang keringat.

3. Miliria Pustulosa

Jenis biang keringat yang satu ini adalah biang keringat miliria rubra yang terkena infeksi. Sehingga bintik-bintik yang muncul pada kulit yang terserang berisi nanah.

Sponsors Link

4. Miliria Profunda

Biang keringat jenis ini merupakan biang keringat yang paling jarang terjadi. Miliria profunda adalah binag keringat yang kambuhan atau bisa muncul kembali meskipun telah sembuh. Biang keringat menyerang dermis atau lapisan kulit bagian dalam. Gejala yang ditimbulkan oleh miliria profunda mirip dengan miliria rubra. Akan tetapi bintik-bintik yang dikeluarkan oleh biang keringat jenis ini berbentuk ;lebih besar dan memiliki warna yang mirip dengan warna kulit.

Bedak untuk Biang Keringat Pada Bayi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bayi lebih rentan terkena biang keringat. Sehingga tidak heran apabila bayi Anda sering terkena biang keringat. Biang keringat memang bukanlah penyakit yang sangat serius dan mematikan yang dapat mengancam nyawa orang yang diserangnya. Meskipun demikian, biang keringat harus segera diatasi. Hal itu dikarenakan biang keringat menimbulkan gejala gatal dan rasa nyeri yang sangat menggangggu si penderitanya.

Pada saat mengidap bioang keringat, bayi biasanya akan lebih rewel. Untuk mengembalikan agar bayi ceria kembali, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi biang keringat yang dideritanya. Beberapa cara tersebut yakni dengan memberikan obat biang keringat tradisional, dengan memeriksakannya langsung kepada dokter, atau dengan perawatan sendiri di rumah jika biang keringat yang menyerang masih terbilang ringan.

ads

Apabila Anda memilih untuk melakukan perawatan biang keringat sendiri di rumah, mengusapkan bedak untuk biang keringat pada bayi adalah salah satu cara yang dapat Anda lakukan. Banyak sekali jenis bedak untuk biang keringat pada bayi yang dijual bebas di pasaran. Namun, tidak semua bedak tersebut cocok untuk semua bayi. Oleh karena itu, perlu kebijaksanaan dan kehati-hatian dalam menggunakan bedak untuk biang keringat pada bayi. Bila perlu, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum menggunakan bedak untuk biang keringat pada bayi.

Di bawah ini adalah beberapa bedak untuk biang keringat pada bayi yang dijual bebas di pasaran yang bisa Anda coba:

1. Purol Poeder

Bedak untuk biang keringat pada bayi yang pertama adalah Purol Poeder. Bedak ini dapat mencegah dan mengatasi biang keringat dengan cara menyerap keringat yang berlebih sehingga keringat tidak akan terjebak di bawah kulit. Selain itu, bedak ini juga mampu menyegarkan, melembutkan dan menutrisi kulit. Tak hanya dapat digunakan untuk bayi, bedak ini juga bisa digunakan oleh orang dewasa. Bedak ini disarankan digunakan setelah mandi. Namun, Anda juga dapat menggunakannya kapanpun pada saat Anda membutuhkannya.

2. Johnson’s Baby Powder

Bedak untuk biang keringat pada bayi selanjutnya yakni Johnson’s Baby Powder. Bedak ini berfungsi untuk melawan biang keringat serta mencegahnya. Selain itu, bedak ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kulit yang iritasi. Bedak ini memiliki tekstur yang lembut yang sangat cocok untuk kulit bayi. Bedak ini juga dapat mudah ditemukan di apotik atau toko terdekat.

3. Herocyn Baby Powder

Alternatif bedak selanjutnya yang bisa digunakan sebagai bedak untuk biang keringat pada bayi adalah bedak Herocyn Baby Powder. Bedak Herocyn memang sedari dulu sudah terkenal akan khasiatnya dalam menyembuhkan kulit yang gatal akibat biang keringat atau akibat apapun. Sebab bedak ini mengandung zinc oxide sebagai bahan aktifnya. Bedak ini juga disinyalir dapat mengatasi ruam pada kulit bayi.

4. Dettol Bedak Antiseptik

Selain mengeluarkan produk sabun mandi yang dapat digunakan untuk mencegah biang keringat, Dettol juga memiliki produk berupa bedak yang juga dapat digunakan untuk mengatasi biang keringat. Bedak ini berkerja dengan cara menyerap keringat yang berlebih serta menyegarkan kulit agar biang keringat teratasi. Karena bedak ini termasuk ke dalam bedak antiseptik, bedak ini juga mampu melindungi kulit dari mikroorganisme seperti bakteri dan kuman.

5. Zwitsal Extra Care Zinc Baby Powder

Mengusapkan Zwitsal Extra Car Baby Powder pada kulit bayi Anda juga bisa menjadi cara mengatasi biang keringat pada bayi. Pasalnya, bedak ini mengandung zinc yang berfungsi untuk meredakan gatal akibat dari biang keringat. Tak hanya itu, bedak ini juga dapat digunakan pada kulit bayi yang sensitif karena telah teruji hypo-allergenic.

6. Caladine Powder

Caladine powder merupakan bedak yang cukup ampuh untuk mengatasi biang keringat yang terjadi pada bayi. Hal itu dikarenakan bedak ini mengandung calamine, yakni zat yang berperan sebagai penghilang rasa gatal, rasa nyeri, dan rasa tak nyaman akibat biang keringat. Bedak ini juga bisa digunakan setiap hari untuk menyegarkan kulit dan mencegah biang keringat.

7. Biolane Talc Liquide

Bedak cair ini biasa diaplikasikan pada kulit bayi Anda yang terkena biang keringat. Bedak ini mengandung panthenol, yakni zat yang dapat menyerap sampai ke lapisan kulit dalam. Sehingga bedak ini bisa digunakan untuk mengobati dan mencegah biang keringat. Cara penggunaannya cukup mudah. Anda hanya tinggal menuangkan bedak ini ke area tubuh yang terkena biang keringat atau ke area kulit yang rentan terkena biang keringat. Sangat disarankan untuk menggunakan bedak ini setiap habis mandi.

Sponsors Link

8. Konicare Bedak Perawatan Biang Keringat

Konicare bedak perawatan biang keringat adalah bedak untuk biang keringat pada bayi yang dapat Anda coba. Bedak ini dapat mengurangi rasa gatal akibat biang keringat sekaligus mengatasi ruam merah pada kulit bayi akibat biang keringat. Bedak ini dibuat dari bahan-bahan alami sehingga aman digunakan oleh siapa saja yang memiliki kulit sensitif.

9. Cussons Baby Powder

Cussons Baby Powder dapat digunakan untuk mengobati biang keringat pada bayi sebab bedak ini mengandung bahan aktif berupa calamine, zinc oxide, dan ekstrak witch hazel. Ketiga kombinasi bahan-bahan tersebut mampu meredakan rasa gatal, ruam, dan pedih yang timbul akibat biang keringat. Tidak hanya itu, bedak ini juga dapat melindungi kulit bayi dari serangan kuman atau bakteri.

10. Salicyl Talc

Bedak Salicyl Talc memang dibuat khusus untuk mengobati biang keringat. Bedak ini mengandung bahan aktif berupa asam salisilat, yakni zat yang mampu melawan bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan kulit gatal. Cara menggunakan bedak ini sangat sederhana. Anda hanya tinggal mengusapkannya pada permukaan kulit yang terkena biang keringat secara rutin.

Itulah sejumlah bedak biang keringat yang dapat dengan mudah Anda temukan. Ingatlah untuk menghentikan pemakaian bedak apabila biang keringat tidak kunjung sembuh atau jika bertambah parah. Segera hubungi dokter apabila muncul gejala yang tidak diinginkan.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Obat Obatan