Sponsors Link

5 Bahaya Sitrun untuk Kulit yang Mungkin Tak Anda Sadari

Sponsors Link

Sitrun adalah zat asam sitrat yang terkandung di dalam busah jeruk lemon dan limau. Selain itu dapat ditemukan juga di dalma makanan yang dikemas, terutama makanan yang memiliki rasa asam atau asam. Oleh karean itu sitrun dikenal juga dengan sebutan asam sitrat yang berupa zat asam organik yang pada umumnya digunakan sebagai bahan pengawet makanan. Bila anda suka menyantap buah jeruk lemon atau limau anda berarti sedang bersentuhan dengan zat asam yang biasa disingkat sitrat ini.

ads

Jeruk lemon yang terasa asam disebut-sebut memiliki banyak manfaat karena kandungan vitamin yang terdapat di dalamnya, namun tahukah anda ada bahaya tersembunyi yang dapat membahayakan kulit tubuh anda jika anda terlalu banyak menyantap buah yang mengandung sitrun ini? Disamping itu jika tidak mengonsumsi, mungkin anda bersentuhan dengan bahan-bahan lain yang mengandung sitrun. Berikut bahaya sitrun untuk kulit yang mungkin belum anda ketahui.

1. Menyebabkan Iritasi kulit

Bahaya sitrun untuk kulit yang pertama ialah dapat menyebabkan iritasi kulit ringan. Hal itu terjadi pada kulit yang sensitif pada zat sitrun. Tipe kulit seperti ini harus segera dicuci jika berkontak langsung dengan sitrun sebelumnya. Maka, cara terbaik agar kulit sensitif tidak teriritasi dengan sitrat ialah menghindari terjadi kontak secara tidak sengaja dengan sitrun.

Karena kontak tidak sengaja pasti tidak diketahui, ini bisa menyebabkan keterlambatan penanganan. Pada saat ketahuan, kondisi kulit mungkin sudah tidak normal, misalnya terasa gatal, luka, dan menjadi penyebab kulit kering bersisik. Selain itu, jika sitrun tertelan dalam jumlah besar, zat asam ini dapat mengiritasi kulit bagian dinding tenggorokan dan membakar lapisan perut.

Oleh karenanya, sebaiknya hindari bahan makanan yang mengandung banyak bahan sitrat atau bumbu penyedap yang juga mengandung sitrat seperti kaldu ayam, yogurt, keju, makanan yang dipanggang, minuman ringan, bir, anggur, jeruk, dan masih banyak lagi yang lainnya. Agar tidak terjadi iritasi kulit bagian luar, disarankan agar anda dapat menghindari bahan-bahan atau produk perawatan kulit, pembersih, dan lain-lain seperti deterjen, pembersih dapur, pelarut kimia, dan pewarna.

2. Menyebabkan Alergi pada Kulit Sensitif

Bahaya sitrun untuk kulit berikutnya ialah menyebabkan alergi pada kulit yang sensitif. Ketika mengonsumsi sitrat, tubuh seseorang yang memiliki reaksi alergi pada sitrat akan memberikan sinyal pada tubuh. Efeknya, kulit akan memperlihatkan reaksi tersebut dalam berbagai macam wujud seperti bintik-bintik kemerahan, atau sekedar gatal. Hal itu terjadi sitrat memiliki sifat antioksidan, alkalizing dan anti-inflamasi. Ketiga hal itu bisa memicu jenis-jenis penyakit kulit dan merupakan pantangan bagi seseorang yang memiliki kulit sentif dan alergi terhadap zat sitrun.

3. Menyebabkan Gangguan Fungsi Kulit

Ada penelitian yang menunjukkan hasil bahwa ada bahaya sitrun yang cukup serius pada tubuh. Meski hasil penelitian tersebut belum jelas namun hal ini patut untuk diwaspadai. Sitrun dapat menyebabkan gangguan fungsi kulit yang sebenarnya, seperti menjadi penyebab perubahan warna kulit dan fungsi kulit sebagai pelindung tidak dapat bekerja secara normal.

Di mana fungsi kulit tidak hanya sebagai pelindung daging melainkan juga memiliki pori-pori sebagai jalan untuk mengeluarkan kotoran dan menyaring kotoran dari luar. Jalan mengeluarkan kotoran yang dimaksud ialah dengan keringat yang keluar dari pori-pori tubuh. Keringan yang dikeluarkan oleh tubuh mengandung kotoran yang jika tidak dikeluarkan akan menyebabkan penyakit serius di dalam organ tubuh.

Sedangkan jika kulit tidak dapat melindungi tubuh dari kotoran berupa polusi dari luar tubuh, tentunya ini juga akan menjadi cara penularan virus herpes zoster, memudahkan bakteri, virus, dan jamur masuk ke dalam tubuh hingga menyebabkan penyakit karena ini jika fungsi ini hilang maka hilanglah satu sistem kekebalan tubuh yang seharusnya dapat berfungsi dengan baik.

Sponsors Link

4. Menyebabkan Rasa Gatal

Seperti yang telah disinggung, kulit sensitif rentan dengan bahaya sitrun untuk kulit. Kulit tangan atau bagian tubuh manapun yang bersentuhan langsung dengan sitrun bisa terasa gatal selama beberapa saat. Oleh karenanya, tubuh atau kulit yang berkontak langsung dengan sitrun sebaiknya segera dibersihkan. Jika sitrun yang terkandung dalam beberapa makanan akan anda konsumsi maka sebaiknya hindari makan terlalu banyak bahan makanan tersebut. Ingat menjaga kesehatan sangat berharga dan pastikan anda memakan makanan sehat untuk kesehatan kulit.

5. Menyebabkan Kelainan Kulit Seperti Terbakar

Bahaya sitrun untuk kulit yang menyebabkan kulit gatal bisa menyebabkan masalah berikutnya yakni kulit merah seperti terbakar, terasa panas, dan mulai mengelupas karena digaruk terlalu keras. Untuk menghindarinya, langkah pertama adalah gunakan sarung tangan setiap kali akan bersentuhan langsung dengan bahan-bahan yang mengandung sitrat.

Kedua jika terjadi situasi tak terhindarkan untuk menyentuh sitrat secara langsung maka anda harus mencuci tangan anda setelahnya, ketiga lindungi tangan anda dengan sarung tangan, lindungi juga tubuh anda dengan pelindung khusus agar tidak mudah terkena bahaya sitrun. Namun, ada obat untuk kulit terbakar yang dapat anda coba jika hal ini terlanjur terjadi. Demikian pemaparan tentang bahaya sitrun untuk kulit. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan