Sponsors Link

5 Bahaya Penyakit Hipertiroid yang Didiamkan Wajib Anda Waspadai

Sponsors Link

Merupakan suatu hal yang umum diketahui bahwa setiap bagian fisik manusia terdapat organ, tulang, urat, kelenjar, hormon, dan lain sebagainya yang memiliki fungsi sebagai mesin penggerak di dalamnya, agar seluruh bagian tubuh dapat bekerja dengan baik sesuai dengan perintah otak.Seluruh bagian tubuh manusia saling terkait dan berhubungan satu sama lain, sehingga sangat mungkin sekali jika satu organ bahkan sampai bentuk sel terkecil sekalipun memiliki masalah sehingga tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik, maka dapat mempengaruhi organ tubuh yang lain, sehingga dapat mempengaruhi sistem kerja tubuh dan keadaan fisik seseorang yang dapat mengganggu aktivitas dan kehidupannya, bahkan juga nyawa jika sudah dalam kondisi yang parah.

ads

Penting sekali untuk mengenal tubuh Anda sendiri karena beberapa penyakit dapat diketahui dengan suatu tanda yang muncul dan terlihat pada fisik; dimana merupakan suatu tanda yang ditunjukkan oleh tubuh agar Anda waspada dan bisa mencari pengobatan medis secepatnya. Namun terdapat banyak sekali penyakit yang tidak dapat terdeteksi sehingga Anda perlu lebih sensitif jika merasakan sesuatu yang tidak beres pada kondisi tubuh Anda; salah satu caranya adalah dengan melakukan medical check-up­ secara berkala, sebagai salah satu bentuk pencegahan dini. Salah satu bagian tubuh yang terkadang luput dari perhatian adalah leher; dimana banyak orang jarang merasakan sakit di leher, dan apabila iya biasanya akan mengasumsikan leher sakit akibat terpengaruh oleh pundak atau punggung yang sakit.

Rasa pegal yang dirasakan mungkin memang seringnya merupakan akibat penjalaran dari daerah punggung atau pundak, dan bukan leher itu sendiri, namun apakah Anda sadar kalau leher tidak hanya memiliki fungsi sebagai penopang kepala dan saluran yang menghubungkan mulut dengan tubuh saja? Ternyata di dalam leher terdapat suatu kelenjar yang memiliki sistem pengatur dan pengaruh sangat besar terhadap metabolisme tubuh, kekuatan detak jantung, perkembangan otak, fokus dan pikiran, waktu tidur, fungsi seksual, dan kesuburan pada wanita, yang mana kelenjar tersebut bernama kelanjar tiroid. Sebelumnya, baca dulu artikel kami terkait penyakit kulit dan kelamin lainnya seperti bagaimana cara mencegah penyakit menular seksual, lalu apa saja penyebab kutil kelamin, kemudian apa yang dimaksud dengan penyakit kurap kering, dan apa ciri-ciri serta gejala penyakit kulit eksim menular, penyebab penyakit scabies, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bahaya Penyakit Hipertiroid

Kelenjar tiroid merupakan salah satu kelenjar endokrin yang berbentuk seperti kupu-kupu dan terletak di bagian depan leher, di daerah bawah jakun; yang dimana kelenjar ini dapat mengeluarkan hormon yang disebut dengan hormon tiroid, yang dialirkan di dalam darah untuk diidearkan ke seluruh jaringan tubuh. Terdapat 2 macam hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar tiroid yaitu triiodothyronine (T3) dan tiroksin (T4), yang terdiri dari yodium dan berbasis tirosin (asam amino), yang memiliki fungsi bagi seluruh sel dalam tubuh untuk melakukan sintesa protein yang sangat penting untuk perkembangan dan diferensiasi sel tubuh; dimana hormon tiroid ini memiliki peran untuk meningkatkan sistem metabolisme, pertumbuhan tulang, pendewasaan sistem neural, dan lain sebagainya yang sudah disebutkan di atas.

Seperti halnya organ lain di dalam tubuh, terutama yang memiliki fungsi penting dan sistem kerja yang cukup kompleks, tidak terlepas dari yang namanya gangguan dan penyakit yang dapat membahayakan bukan hanya organ tersebut, namun berpengaruh juga terhadap organ-organ lain dalam tubuh. Kondisi buruk atau penyakit yang timbul pada tiroid salah satunya adalah yang disebut dengan hipertiroid; yaitu suatu kondisi dimana kelenjar tiroid memproduksi hormon tiroid secara berlebihan, dimana hormon yang dilepas ke dalam tubuh lewat darah, sehingga metabolisme dalam tubuh tidak dapat teregulasi dengan baik, konsisten, dan cukup untuk menjaga kondisi seluruh sel tubuh agar dapat memaksimalkan fungsinya masing-masing.

Perlu diingat bahwa metabolisme yang bagus adalah metabolisme yang cukup kadarnya, tidak kurang dan tidak lebih sehingga tidak mengganggu aktivitas dan kestabilan seluruh sistem jaringan dan sel di dalam tubuh. Kondisi penyakit tiroid sendiri mungkin hanya sekedar “kelebihan produksi” pada hormon tiroid, namun memiliki berbagai komplikasi yang sangat berbahaya bagi tubuh bahkan nyawa Anda, sebagai berikut:

  • Gangguan Jantung
Sponsors Link

Kelebihan hormon tiroid yang beredar dalam darah dapat menstimulasi jantung sehingga berdetak secara tidak teratur dan lebih cepat, sehingga menyebabkan kerja jantung juga lebih berat; yang dimana jika kondisi ini didiamkan maka dapat terjadi gagal jantung. Hipertiroid sendiri mempengaruhi sejumlah sel dan jaringan dalam tubuh yang dapat berpengaruh terhadap kerja jantung, seperti misalahnya hipertiroid dapat menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi yang dapat memicu kerja jantung menjadi berat.

Selain itu hipertiroid juga mempengaruhi jaringan lain sehingga gejala fisik yang muncul seperti rasa pusing, mudah berkeringat, sesak napas dan lain sebagainya, yang memiliki kondisi gejala yang sama seperti penyakit jantung. Penyakit jantung akibat jantung itu sendiri dan akibat hormon tiroid sebenarnya, walaupun memiliki gejala yang hampir mirip, namun sebenarnya berbeda; yang dimana penyakit jantung akibat hipertiroid dapat diatasi dengan memperbaiki kelenjar tiroid saja.

  • Hipotiroidisme

Kondisi merupakan komplikasi atau efek samping yang disebabkan oleh pengobatan hipertiroid; dimana beberapa metode penyembuhan hipertiroid dapat mengubah produktifitas kelenjar tiroid secara berlebihan; yaitu menahan produksi hormon tiroid sehingga menyebabkan kondisi hipotiroid. Penyembuhan hipertiroid biasanya dilakukan dengan beberapa metode seperti pembedahan (tiroidektomi), farmasi (mengkonsumsi obat anti-tiroid), dan terapi radioiodin yang bertujuan untuk mengurangi produksi hormon tiroid, memiliki salah satu efek samping yang menyebabkan hipotiroid. Hipotiroid sendiri merupakan kondisi dimana tubuh akan kekurangan hormon tiroid, dimana kekurangan ini dapat mengakibatkan komplikasi lain juga terhadap tubuh seperti myxedema yang merupakan kondisi advanced hipotiroid yang gejalanya berupa pembengkakan dan pengerasan kulit.

ads
  • Osteoporosis

Tahukah Anda jika tulang selalu melakukan proses regenerasi sehingga strukturnya selalu padat? Ya betul, dan regenerasi kepadatan tulang ini dipengaruhi oleh banyak kelenjar dan hormon, dan salah satunya adalah hormon tiroid. Seiring dengan bertambahnya usia, sebenarnya manusia memiliki pengurangan kepadatan tulang secara alami, dimana melemahnya kepadatan tulang ini berdampak pada tulang itu sendiri yang menjadi lemah dan mudah keropos, sehingga menyebabkan osteoporosis.

Kondisi penyakit hipertiroid yang mengganggu metabolisme dalam tubuh sehingga zat pengurai protein dan makanan untuk diambil sumber mineral dan kalsium yang dibutuhkan oleh tulang tidak dapat terserap dengan baik sehingga memiliki dampak yang negatif bagi tulang; dimana akibatnya dapat mempersingkat siklus regenerasi tulang sehingga tulang dapat kehilangan kepadatannya lebih cepat tanpa peduli usia.

  • Gangguan Kesuburan

Gangguan kesuburan akibat hipertiroid biasanya lebih banyak dialami oleh wanita dibandingkan pria; dimana hormon tiroid juga memiliki pengaruh pada sel telur dan sistem siklus menstruasi. Terganggunyaa sistem reproduksi wanita akibat hipertiroid memiliki dampak yang buruk bagi kesuburan; seperti dapat terjadi kesulitan hamil dan bahkan kemandulan. Namun jika Anda akhirnya berhasil hamil namun memiliki penyakit tiroid Anda juga harus tetap waspada karena hipertiroid selain dapat membahayakan diri, juga dapat membahayakan perkembangan janin, hingga dapat mengakibatkan keguguran.

  • Goiter (Penyakit Gondok)

Gejala penyakit gondok dimana bagian bawah jakun dapat timbul benjolan yang terlihat besar, sebenarnya merupakan awal indikasi dari penyakit hipertiroid, dimana benjolan pada leher tersebut dapat terlihat terus membesar jika penyakit hipertiroid tidak segera ditangani. Anda tidak perlu khawatir karena benjolan tersebut bukanlah semacam tumor atau pun kanker, dan sebenarnya sangat umum terjadi, namun memiliki penyakit ini tentunya dapat menganggu kehidupan Anda.

Pembesaran kelenjar tiroid ini dapat membuat Anda lebih susah bernapas, kesulitan menelan makanan atau minuman, dan sulit menahan rasa panas dari lingkungan udara sekitar, yang merupakan gejala umum dari penyakit gondok. Itulah bahaya penyakit hipertiroid didiamkan, selain menimbulkan komplikasi seperti di atas, juga dapat membahayakan nyawa seseorang; yang dimulai dengan terganggunya sistem kerja tubuh dimana dapat mengganggu aktivitas dan kehidupan seseorang.

Gejala penyakit tiroid memang sulit untuk dideteksi, selain pembesaran di daerah bawah jakun akibat pembesaran kelenjar tiroid (jika terlihat), terutama jika komplikasi yang dirasakan atau terjadi tidak dianggap sebagai suatu komplikasi dari penyakit tiroid yang merupakan akar permasalahannya. Namun jika anda mengalami gejala seperti turun berat badan secara tiba-tiba, padahal sedang tidak diet atau mengurangi porsi makan, detak jantung yang tidak normal seperti terlalu cepat atau tidak teratur, mudah berkeringat dan terganggu dengan hal-hal kecil, periode menstruasi yang tidak teratur dan volume darah yang keluar sedikit, kehilangan kekuatan otot, dan lain sebagainya, ada baiknya Anda segera menemui dokter.

Walaupun mengalami gejala-gejala di atas, sebenarnya belum tentu juga Anda mengidap penyakit tiroid, sehingga dokter perlu untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan serangkaian tes seperti pemeriksaan darah, USG, biopsi, pemeriksaan fungsi tiroid, scan tiroid, dan lain sebagainya untuk membuktikan apakah Anda benar-benar terkena penyakit tiroid. Terdapat serangkaian pengobatan untuk mengatasi penyakit ini, namun tentunya apabila dapat terdeteksi dengan cepat, sehingga mungkin tidak perlu sampai melakukan tiroidektomi (pembedahan untuk mengangkat kelenjar tiroid).

Pengobatan tentu saja bergantung pada tingkat keparahan tiroid itu sendiri, dan untuk mencapai metode bedah tentunya keadaan kelenjar tiroid sudah dalam tingkat sangat parah, sehingga khawatir dapat menimbulkan kanker tiroid, sehingga harus segera diangkat, karena apabila terdapat kanker, maka manifestasinya dapat lebih buruk lagi untuk kondisi tubuh Anda. Baca juga artikel pengobatan penyakit kulit dan kelamin lainnya seperti cara mengobati jengger ayam, kemudian cara mengobati Hemangioma, lalu ada juga 16 cara menyembuhkan vitiligo, lalu cara menghilangkan bekas luka, kemudian 15 cara mengobati kanker kulit, dan lain sebagainya. Semoga artikel mengenai bahaya penyakit tiroid didiamkan ini dapat membantu Anda untuk lebih dapat waspada dan sadar akan kondisi tubuh Anda sendiri.

Sponsors Link
, , ,