Sponsors Link

3 Bahaya Paraben Untuk Kulit Wajah Yang Harus Anda Waspadai

Sponsors Link

Semakin berkembangnya tren kecantikan dan juga pengaruh dari para pakar kecantikan semakin membuat kaum hawa sadar akan pentingnya menjaga kecantikan kulit wajah. Tidak sedikit pula yang rela mengeluarkan uang demi mendapatkan hasil yang maksimal. Demikian juga bagi produsen kosmetik, mereka seakan berlomba menciptakan produk dengan formula yang bagus, dengan menggunakan bahan-bahan terbaik, baik itu berbahan dasar kimia maupun organik. Bagi produk berbahan dasar organik, tentunya keamanannya sudah terbukti.

ads

Namun bagaimana dengan keamanan produk kosmetik berbahan dasar kimia, terutama skincare untuk kulit wajah dehidrasi?. Apakah komposisi mereka bebas dari bahan berbahaya? Seperti pengawet yang mengandung paraben?. Dan apakah bahaya paraben untuk kulit wajah?. Berikut akan kita ulas lengkap mengenai paraben dan bahaya paraben untuk kulit wajah yang harus anda waspadai.

Apa itu paraben?

Paraben adalah bahan kimia yang digunakan sebagai pengawet makanan, kosmetik, obat dan produk personal care seperti deodorant dan shampoo agar lebih awet dan bebas dari bakteri dan jamur.

Apakah paraben berbahaya?

Sebenarnya, penggunaan paraben tergolong aman untuk digunakan apabila masih dalam kadar yang rendah atau jumlah kecil. Karena memang fungsi aslinya untuk mengawetkan agar tidak mudah terkena bakteri dan jamur. Begitupun dalam kosmetik, tentunya sudah melewati pengawasan BPOM, jadi aman digunakan. Paraben dianggap berbahaya karena penelitian yang menunjukkan bahwa penggunaan jangka panjang dapat meningkatkan resiko kanker payudara.

Hal ini karena sifat paraben yang menyerupai estrogen, yang apabila berlebih dapat mengakibatkan resiko rusaknya fungsi hormon dan memicu meningkatnya resiko penyakit kanker payudara dan juga untuk kulit wajah. Untuk itu, Anda bisa mencoba ramuan tradisional untuk kista. Berikut bahaya paraben untuk kulit wajah yang harus anda waspadai :

  1. Penuaan Dini

Produk kosmetik kimia yang banyak mengandung paraben lebih banyak ditemukan dalam produk kecantikan yang ditujukan untuk meningkatkan kesehatan kulit, seperti pelembab untuk wajah dan lotion untuk tubuh. Namun, pada kenyataannya  justru malah dapat menyebabkan rusaknya kulit. Beberapa jenis paraben diketahui dapat berubah menjadi racun apabila terpapar oleh sinar ultraviolet, antara lain metil dan etil paraben, yang dapat menyebabkan kerusakan kulit dan penuaan dini. Di samping itu, hindari makanan penyebab kulit keriput sebagai tanda penuaan dini.

  1. Menyebabkan Iritasi

Meskipun  diklaim aman untuk digunakan pada kulit, ternyata ini tidak berlaku bagi pemilik kulit sensitif. Ini dikarenakan produk perawatan kulit yang mengandung paraben dapat menyebabkan iritasi pada kulit, ditandai dengan kulit wajah mengelupas setelah memakai cream yang mengandung paraben. Ditambah kondisi kulit sensitive yang harus ekstra hati-hati dalam memilih produk perawatan kulit, terutama kulit wajah. Jadi sangat disarankan untuk memilih produk bebas paraben seperti pada kosmetik herbal yang sekarang mulai banyak diproduksi.

  1. Memicu Kerusakan Kulit

Bahan paraben yang terkandung dalam produk perawatan wajah akan cenderung meningkatkan kepekaan kulit terhadap paparan sinar matahari. Akibatnya apabila anda terkena sinar matahari, kulit akan bereaksi seperti panas dan terbakar. Jika dibiarkan maka kulit akan rusak dan kering, sebaiknya gunakan sunblock yang aman bagi kulit dan skincare untuk wajah dehidrasi.

Zaman sekarang sudah banyak inovasi dalam dunia kosmetik, terbukti dengan mulai banyak brand lokal yang mengusung konsep natural dalam produknya. Yang terpenting kamu harus lebih teliti dalam melihat kandungan tiap produk.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Kesehatan