Sponsors Link

6 Bahaya Metanol Untuk Kulit Dan Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui

Sponsors Link

ads

Metanol – singkatan dari methyl alcohol – merupakan salah satu jenis dari alkohol yang memiliki bagian paling sederhana, mempunyai sifat keras dan sering digunakan dalam dunia industri. Senyawa ini tergolong dalam jenis cairan dengan bentuk fisik bening, jernih dan tidak berwarna, mudah menguap dan sangat mudah terbakar. Bersifat keras dan mempunyai bau yang khas, juga dapat menyebabkan keracunan bagi yang menghirup secara berlebihan. Penggunaan metanol dalam dunia industri biasanya ditemukan pada produk cat rumah, lem perekat, busa bantal, plastik daur ulang, tekstil sintetis dan sebagai campuran bahan bakar.

Namun tak jarang yang menyalahgunakan metanol sebagai bahan pembuatan minuman keras, disamping harga yang murah dan efek memabukkan yang dapat dirasakan penggunanya. Lalu apakah bahaya metanol bagi kesehatan? Dan apa bahaya yang ditimbulkan bagi kulit? selain bahaya metanol, berikut bahaya hydroquinone untuk kulit yang perlu anda ketahui. Berikut akan dibahas bahaya metanol untuk kulit dan kesehatan yang harus anda ketahui :

  • Menyebabkan Kerusakan Liver Atau Hati

Senyawa yang bersifat keras ini apabila sudah masuk ke dalam tubuh tentu akan dapat menyebabkan kerusakan pada organ penting dalam tubuh, salah satunya yaitu kerusakan pada liver. Selain bahaya metanol, kenali bahaya suntik vitamin C untuk kulit dan organ tubuh lainnya. Hal ini disebabkan karena senyawa yang masuk ke dalam tubuh pada awalnya bersifat asam ketika tertelan, kemudian lama-kelamaan bisa mengendap dan berubah sifat menjadi seperti pengawet formalin dan merusak fungsi kerja liver. Selain itu, pengawet menjadi pantangan makanan vitiligo yang wajib anda hindari.

  • Menyebabkan Keracunan

Bahaya yang lain dari methanol bagi kesehatan yaitu dapat menyebabkan keracunan dengan gejala awal berupa pusing, sakit perut, mual, muntah dan jantung berdetak lebih cepat. Tidak mengherankan apabila ada yang tidak sengaja menghirup senyawa ini untuk segera menuju ruang yang terbuka dan memiliki sirkulasi udara sehingga efek racun bisa sedikit teratasi.  

  • Kejang – kejang

Mempunyai sifat beracun, senyawa methanol yang dikonsumsi baik dengan sengaja maupun tidak sengaja akan dapat menimbulkan efek keracunan yang berujung dengan kejang-kejang layaknya orang yang overdosis obat-obatan keras. beda dengan kejang akibat efek samping vaksin cacar air, hal ini dikarenakan efek zat methanol yang menekan susunan syaraf pusat sehingga otak bereaksi seperti itu. Jika kejang dibiarkan berlangsung selama lebih dari 3 jam, maka akan berujung pada koma bahkan paling parah bisa kehilangan nyawa. 

  • Pemicu Kerusakan Syaraf Optik Mata

Efek membahayakan lain yang harus anda ketahui dari senyawa methanol adalah memicu kerusakan syaraf. Kerusakan syaraf ini dapat berupa dilatasi pupil, pandangan mata kabur, lalu paling parah dapat menyebabkan kebutaan. Jika terjadi gejala awal lebih baik segera dibawa ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk perawatan intensif. 

  • Kerusakan Pada Kulit

Apabila anda terkena kontak langsung dengan kulit, maka besar kemungkinan anda akan mengalami gejala seperti iritasi yang diawali dengan gatal-gatal, kering, merah dan perih. Lalu akan menimbulkan kanker kulit, seperti halnya efek buruk suntik vitamin C untuk kesehatan kulit. Jika anda tidak sengaja terkena zat berbahaya ini, segeralah cuci kulit yang terkena sampai bersih dengan air mengalir dan bawa ke dokter jika masih terasa perih. Bila perlu konsumsi makanan yang baik untuk kesehatan kulit. 

  • Kematian

Bahaya paling parah yaitu bisa berujung pada kematian. Seperti bahaya alkohol, methanol juga dapat menyebabkan hilangnya nyawa jika gejala diatas diabaikan. Sudah banyak kasus orang meninggal akibat secara langsung mengkonsumsi methanol dalam minuman keras jenis oplosan.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Kesehatan