Sponsors Link

3 Bahaya Merkuri Untuk Kulit Yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Merkuri tentunya sudah sangat umum anda dengar bukan?. Iya, produk kosmetik yang mengandung bahan merkuri sudah pernah menjadi terkenal dan menjadi primadona pada masanya. Waktu itu sempat heboh dengan produk kosmetik terkenal yang mengandung merkuri dan banyak diberitakan akan bahaya yang dapat ditimbulkan dan pemerintah juga sudah melarang keras penggunaan merkuri dalam produk kosmetik. Lalu sebenarnya merkuri itu apa sih?. Dan kenapa dianggap berbahaya?. Lalu apa saja bahaya merkuri untuk kulit?. Berikut akan kita berikan penjelasan singkatnya. Mari kita simak bersama.

ads

Merkuri (air raksa) merupakan salah satu jenis logam yang ada dalam batu-batuan, biji tambang, tanah,air dan udara sebagai senyawa organik dan anorganik.  Dalam praktek nya, merkuri dipercaya efektif menghambat pembentukan melanin, sehingga kulit akan tampak cerah dalam waktu singkat. Daripada itu, sebaiknya konsumsi makanan untuk membuat kulit cerah alami. Dengan kemampuan inilah tidak heran banyak produk kosmetik yang menambahkan bahan merkuri ke dalam produknya, dengan mengesampingkan bahaya yang  dapat ditimbulkan.

Bahaya yang ditimbulkan mempunyai efek jangka pendek maupun jangka panjang yang sangat mengerikan dan patut diwaspadai, selain bahaya untuk kulit, seperti penyebab vitiligo, juga bahaya untuk organ tubuh seperti ginjal, jantung, paru-paru, otak, sistem syaraf dan juga sistem kekebalan. Berikut kita akan fokus pada  bahaya merkuri untuk kulit yang perlu diwaspadai:

  1. Iritasi Pada Kulit

Merkuri bersifat mengikis kulit, dalam memutihkan kulit, itu bekerja dengan cara mengikis kulit bagian luar sehingga kulit menjadi semakin menipis. Yang seharusnya kulit menjadi sehat dan putih sehat malah dapat menyebabkan iritasi kulit dan juga gangguan kulit ringan seperti gatal-gatal, kulit menjadi berwarna kemerahan, muncul ruam pada kulit akibat paparan zat merkuri secara terus-menerus.

Seperti halnya bahaya bleching untuk kulit, bahaya yang muncul akibat paparan merkuri adalah saat anda berinteraksi dengan sang buah hati. Bekas krim yang menempel dapat terkena si kecil saat anda melakukan sentuhan kontak langsung sehingga kemungkinan zat tersebut dapat masuk ke tubuh anak dan menyebabkan keracunan.

  1. Kulit Menjadi Pucat Dan Muncul Flek

Pada awalnya mungkin kulit menjadi putih cerah setelah pemakaian produk berbahan merkuri, namun hasil ini tidak berlangsung lama. Karena bahaya yang muncul justru akan membuat masalah baru pada kulit anda yaitu warna kulit pucat dan mucul flek hitam. Ini terjadi karena merkuri yang telah dipakai bertahun-tahun mengendap di bawah kulit dan memicu munculnya warna seperti hitam bintik bintik. Lebih baik untuk berganti dengan produk kosmetik yang alami dan aman untuk kulit dibandingkan dengan efek samping menghilangkan flek hitam dengan laser.

  1. Menyebabkan Kanker Kulit

Efek yang paling berbahaya dan sangat ditakuti dari merkuri yaitu gejala kanker kulit. Kandungan merkuri yang masuk ke dalam tubuh lama kelamaan akan menyerang lapisan kulit yang sehat  dan pada akhirnya menyebabkan virus kanker kulit. Jika hal ini dibiarkan maka kanker kulit akan menyebar ke seluruh tubuh dan bisa juga memicu jenis-jenis penyakit kulit lainnya.

Sebelum anda mengalami sendiri bahaya merkuri pada kulit, lebih baik segeralah beralih ke produk kosmetik yang alami atau organik, yang terbukti aman dan tidak menimbulkan efek samping. Selain aman, bahan alami juga lebih ekonomis dan mudah ditemukan di sekitar anda.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Kesehatan