Sponsors Link

5 Bahaya Sering Mengelupas Kulit Bibir yang Wajib Anda Waspadai

Sponsors Link

Bibir kita memiliki lapisan tipis di mana lapisan tipis ini sering terlihat kering jika kita dehidrasi atau kering karena kondisi tertentu. Lapisan tipis bibir tersebut dapat dikelupas dan banyak orang memiliki kebiasaan mengelupas bagian bibir tipis tersebut. bahkan bagian tipis bibir tersebut juga sering nampak pecah-pecah dan membuat orang tergoda untuk mengelupas bagian kulit yang kering. Sayangnya kebiasaan mengelupas bibir ni memiliki dampak buruk untuk kita dan tahukah anda bahwa kulit bibir bayi sering mengelupas?

ads

Anda perlu tahu informasi mengenai bahaya mengelupas kulti bibir atau bahaya kulit bibir yang terkelupas supaya dapat menghindarkan anak dan diri anda sendiri dari kebiasaan buruk mengelupas kulit bibir. Berikut kami sajikan bahaya mengelupas kulit bibir.

1. Menyebabkan Bibir Iritasi dan luka

Bahaya mengelupas kulit bibir yang pertama ialah menyebabkan bibir iritasi dan luka sehingga kadang ada orang yang mengalami sariawan yang disebabkan oleh luka tersebut. Saat bibir kering dan pecah-pecah memang akan terasa mengganggu, tidak hanya penampilan tetapi bibir juga menjadi tidak nyaman untuk dilihat. Sayangnya ketika kulit tipis bagian bibir yang pecah-pecah ini dikelupas dengan paksa, hal ini bisa menyebabkan bibir menjadi terluka dan teriritasi. Penyebab bibir pecah-pecah bisa jadi karena dehidrasi, anda tahukan kalau kulit juga bisa dehidrasi? Jadi hindarkan diri anda sendiri dari kondisi dehidrasi.

2. Produk perona bibir tak menempel

Selain bahaya mengelupas kulit bibir di atas masih ada masalah lainnya jika bibir kerap dikelupas, ketika anda berusaha menggunakan lipstik atau produk perona bibir lainnya, produk tersebut tidak dapat melekat sempurna di bibir. Selain itu, ketika kulit bibir sering dikelupas, bagian permukaan bibir menjadi tidak rata. Hal ini akan membuat perona bibir atau lipstik yang diterapkan akan terlihat aneh ketika ditempelkan.

Akan nampak ada gelombang dan bekas-bekas luka dari kulit bibir yang terkelupas itu akan terasa perih dengan produk perona tertentu, terutama karena produk perona ada yang mengandung pelembab dan alkohol. Oleh karena itu disarankan sebelum mengelupas kulit bibir menjadi kebiasaan lebih baik anda memiliki kebiasaan yang bagus yakni menggunakan pelembab bibir. Pelembab bibir dapat menjadi cara mengatasi kulit kering pada bibir.

Dengan pelembab, anda dapat memiliki bibir yang senantiasa lembut dan jauh dari rasa kering dan gatal sehingga menghindarkan anda dari kebiasaan mengelupas kulit bibir.  Selain itu, anda juga perlu mencari tahu apa saja pemicu kulit bibir anda menjadi mudah kering ketika anda dapat menemukannya anda pasti bisa mengatasi akar permasalahan tersebut sehingga anda mendapatkan cara untuk menghindarkan diri dari kebiasaan mengelupas kulit bibir.  Dukung kesehatan kulit anda dengan makan makanan sehat untuk kesehatan kulit bibir.

3. Menyebabkan rasa perih

Bahaya mengelupas kulit bibir yang sudah disinggung sebelumnya ialah menyebabkan rasa perih di mana ini juga bisa berujung menjadi luka dan menimbulkan jenis-jenis penyakit kulit bibir lainnya, salah satunya ialah sariawan berkepanjangan. Saat bibir terluka, luka menjadi perih dan menimbulkan rasa tak nyaman.  Jangankan memakai lipstik untuk mendukung penampilan anda, makan pun menjadi tidak enak jika bibir terasa perih.

Seorang dokter spesialis kulti dan kelamin, dr I Gusti Nyoman Darmaputra, D&I Skin Center Denpasar mengatakan kalau kulit kering sering ditarik akan meningkatkan risiko luka pada bibir. Luka secara otomatis pasti akan menyebabkan rasa perih baik ketika bergesekan dengan bagian bibir lainnya maupun ketika bergesekan dengan makanan, minuman, dan produk perona bibir lainnya. Jadi sebaiknya jaga kesehatan anda dengan makan makanan anda. tindakan ini juga akan menjauhkan anda dari bahaya kulit kering, bersisik, dan keriput.

4. Berpeluang Menimbulkan Infeksi

Sponsors Link

Bahaya mengelupas kulit bibir berikutnya ialah kegiatan tersebut dapat menciptakan peluang menimbulkan infeksi karena jari tangan yang digunakan untuk mengelupas kulti bibir dalam keadaan kurang bersih. Pada saat itu kita tidak tahu apakah ada bakteri penyebab infeksi yang menempel atau tidak di bekas kulit bibir yang baru saja dikelupas oleh jari tangan yang berkaitan.

Kegiatan mengelupas kulit bibir bisa saja dilakukan dengan gigi, namun banyak juga yang menggunakan jari tangannya sendiri. Dua-duanya sama berbahayanya. Infeksi yang biasanya timbul dari kebiasaan ini ialah merah, bernanah, dan jika tidak ditangani dengan baik bisa menyebar ke seluruh tubuh menjadi sepsis.

5. Bibir Menjadi Hitam

Kebiasaan mengelupas kulit bibir juga dapat mengakibatkan warna bibir menjadi lebih hitam. Hal itu diakibatkan oleh bekas luka yang ditimbulkan. Bekas luka itu  memicu bibir menjadi berubah warna dari yang tadinya merah segar lama kelamaan menjadi lebih gelap cenderung hitam.

Sponsors Link

Cara Mengatasi Bibir yang Kering

Supaya anda terhindar dari kebiasaan mengelupas kulit bibir yang menimbulkan bahaya iritasi sampai bahaya infeksi, maka ada beberapa hal yang harus menjadi kebiasaan hidup anda untuk menjaga bibir tetap sehat. Berikut beberapa di antaranya:

  • Anda harus memperbanyak konsumsi air putih, kurang lebih 2-3 liter per hari.
  • Pergunakan lipbalm untuk menjaga kelembaban bibir sebanyak 2-3 kali sehari. Pilih Lipbalm yang mengandung SPF 15 yang dapat melindungi bibir dari efek buruk paparan sinar matahari.
  • Jangan menggigit dan mengelupas bibir yang kering.
  • Hindari mengonsumsi makanan pedas, berempah, atau makanan yang terlalu asam karena dapat meningkatkan risiko kulit bibir mengering.
  • Pelajari teknis cara mengatasi kulit mengelupas karena kering dari dokter

Demikian pemaparan tentang bahaya mengelupas kulit bibir yang harus anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Kesehatan