Sponsors Link

5 Bahaya Memotong Kutil Sendiri yang Seharusnya Tidak Anda Lakukan

Sponsors Link

Memiliki kutil di area tubuh terutama di area yang mudah dilihat memang menyebalkan. Meski tidak menimbulkan rasa gatal dan perih seperti ganguan kulit lainnya, kutil sudah sepatutnya segera di atasi. Kutil sesungguhnya adalah keratin atau protein keras yang menumpuk di permukaan kulit karena serangan virus Human Papiloma atau HPV.

ads

Ada banyak cara untuk mengangkat kutil dari permukaan kulit Anda. Secara medis, tindakan yang bisa Anda ambil adalah cryotherapy, topical creams containing salicylic acid dan terapi laser. Dengan tindakan-tindakan tersebut, kutil bisa sepenuhnya hilang dan tidak lagi kembali kecuali jika Anda mengalami penurunan sistem imun.

Sayangnya tindakan medis tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, beberapa orang memilih untuk mengobati kutil mereka sendiri sampai ciri-ciri kutil akan sembuh. Beberapa malah melakukan tindakan pemontongan tanpa bantuan medis. Tindakan memotong kutil sendiri sudah sepatutnya tidak Anda lakukan karena akan menimbulkan berbagai bahaya seperti berikut ini.

  1. Menimbulkan Luka dan Pendarahan

Memotong tumpukan keratin dalam kutil Anda adalah hal yang berbahaya, apalagi jika Anda tidak memiliki pengetahuan yang cukup soal medis. Alih-alih bisa menghilangkan kutil, jaringan kulit Anda yang baru ikut teriris dan mengalami luka. Luka sudah pasti akan menimbulkan pendarahan. Timbulnya luka dan pendarahan adalah indikasi bahwa Anda tidak memotong kulit dengan benar.

Luka di area kulit yang ditumbuhi kutil tidak bisa menghilangkan kutil, kecuali jika luka yang dimaksud sampai pada tahap mengelupas. Meski bisa mengangkat kutil, kulit yang mengelupas akan membuat luka Anda menjadi lebih lebar dan terbuka. Padahal, Anda bisa menggunakan bahan herbal untuk mengatasi kutil seperti cara menghilangkan kutil di leher dengan bawang putih.

  1. Mengalami Infeksi

Hal terburuk yang bisa terjadi pada luka terbuka yang Anda miliki adalah terjadinya infeksi. infeksi pada luka bisa ditimbulkan oleh apa saja, baik dari bakteri, debu, hingga virus. Apalagi jika Anda tidak ikut memerhatikan kebersihan pisau atau alat yang Anda gunakan untuk memotong kutil. Sementara itu, infeksi bisa membuat luka tersebut susah sembuh bahkan mengalami pembusukan.

Sebagai alternatif penyembuhan kutil, Anda bisa mempraktikkan cara menghilangkan kutil dengan minyak zaitun alih-alih mengambil langkah ekstrim seperti pemotongan. Meski tidak memberikan hasil yang instan, pengobatan rutin dengan minyak zaitun akan lambat laun mengempiskan kutil dan menghilangkannya hingga tanpa bekas.

  1. Membuat Kulit dan Kutil Bernanah

Jika Anda ingin menghilangkan kutil terutama yang terletak di leher, cobalah praktikkan cara menghilangkan kutil di leher dengan cuka apel. Cuka apel memiliki berbagai kandungan yang mampu menekan intervensi virus human papiloma. Jangan sekali-kali memotongnya tanpa bantuan medis sebab kulit dan kutil Anda memiliki kemungkinan untuk terinfeksi dan bernanah.

Anda perlu memahami bahwa di arena kutil Anda tidak hanya terletak virus human papiloma, tetapi juga berbagai bakteri lainnya. Memotong kutil dengan ceroboh bisa menimbulkan luka. Jika tidak dilakukan dengan tepat, luka yang terinfeksi oleh bakteri atau virus bisa membusuk dan bernanah. Hal tersebut tentu lebih buruk dari pada kutil itu sendiri.

  1. Kutil Tidak Kunjung Sembuh

Jika Anda sudah berusaha sebaik mungkin untuk memotong kutil dengan benar, Anda tidak akan mampu mengangkat kutil hingga ke akarnya. Sebab, proses pengangkatan kutil hingga ke akarnya hanya bisa dilakukan menggunakan tindakan medis seperti cryotherapy, topical creams containing salicylic acid dan terapi laser.

Sponsors Link

Ada pun memotong kutil tidak akan membuat kulit Anda sembuh dari kutil. Memotong kutil sendiri hanya pekerjaan sia-sia. Permukaan kulit Anda masih menyisakan tumpukan keratin atau protein kasar di atasnya. Jadi, hentikan mengatasi kutil dengan tindakan pemotongan mandiri. Ada baiknya, Anda mencoba mengatasi kutil dengan mempraktikkan cara menghilangkan kutil dengan getah pepaya.

  1. Merusak Jaringan Kulit Sehat

Luka di kulit karena memotong kutil dengan ceroboh tentu adalah tindakan yang merusak jaringan kulit.  Hal tersebut tidak akan memberikan manfaat apa-apa. Sebaliknya, memotong kutil dengan ceroboh meski pun dengan hasil kutil hilang malah akan membuat Anda menghadapi permasalahan kutil lainnya.

Jika Anda terlanjur memotong kutil Anda sendiri, Anda baiknya Anda segera memeriksakan diri pada dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat. Hal tersebut dilakukan untuk melihat proyeksi kesehatan kulit Anda serta kondisi kutil yang Anda potong. Jika muncul kerusakan jaringan kulit di Area yang Anda potong kutilnya, dokter bisa dengan secepatnya melakukan pengobatan yang tepat sesuai dengan prosedur medis.

Meski kutil adalah penyakit kulit yang mengganggu karena tidak bagus secara visual, Anda tidak disarankan untuk melakukan pemotongan kutil secara mandiri. Beberapa jenis pengobatan kutil dengan bahan-bahan tradisional sudah cukup membantu seperti menggunakan cuka apel, getah pepaya, minyak zaitun, serta bawang putih.

Jika Anda merasa frustrasi dengan kutil yang Anda miliki, ada baiknya Anda menghubungi dokter kulit terdekat untuk mendapatkan penanganan medis. Tindakan yang umum dilakukan biasanya adalah cryotherapy, topical creams containing salicylic acid dan terapi laser. Meski menuntut biaya yang tidak sedikit, tindakan-tindakan tersebut tentu aman dan terukur.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Kesehatan