Sponsors Link

6 Bahaya Makan Obat Saat Haid yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Menstruasi di alami oleh setiap wanita yang telah mengalami masa pubertas. Pada saat terjadi haid, gejala PMS tentu akan terjadi. Namun setiap orang mempunyai efek berbeda saat mengalaminya. Sebagian wanita ada yang merasakan nyeri pada pinggang atau punggung, pusing sampai dengan sakit perut. Keadaan ini memang sangat umum terjadi, bahkan ada yang berusaha untuk meredakan keadaan yang terjadi itu. Banyak wanita mengatasinya dengan mengkonsumsi obat. Tahukah anda akan Bahaya Makan Obat Saat Haid?

ads

Setiap orang memang berhak meminum obat untuk meredakan sakit, tapi kenali juga tentang Bahaya Makan Obat Saat Haid, sehingga anda tidak sembarangan untuk setiap saat meminumnya. Pada kesempatan kali ini akan di uraikan sebagian banyak akan efek samping dari obat yang sebetulnya kurang baik ketika di konsumsi saat sedang menstruasi. Apapun, memang baiknya adalah meminum jamu atau ramuan tradisional yang sudah di kenal alami dan aman bagi tubuh, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kunyit Asam

Salah satu minuman yang alami di konsumsi saat haid yakni kunyit asam. Di buat dengan bahan dasar kunyit yang di haluskan lalu di saring dan di tambahkan air dalam gelas. Setelah itu anda bisa menambahkan gula ataupun di minum tanpa gula sekaligus justru semakin menyehatkan. Untuk ramuan satu ini cukup banyak manfaatnya, mulai dari digunakan untuk cara mengobati vitiligo, cara mengobati keputihan dengan kunyit, hingga ramuan tradisional melancarkan haid.

  • Kunir Asam

Selain kunyit, minuman sehat lain dan alami adalah kunir asam. Pengolahannya tidak berbeda dengan kunyit asam, tetapi akan lebih nikmat jika di konsumsi dengan sedikit es batu atau agar supaya dingin.

  • Beras Kencur

Beras kencur adalah minuman yang nikmat di sajikan kapanpun dan dimanapun. Terbuat dari bahan dasar kencur yang di padukan dengan bahan lainnya hingga tersaji menjadi minuman segar. Beras kencur cukup aman di konsumsi saat sedang haid. Namun tahukah Anda bahwa beras kencur juga bisa menjadi bahan paling ampuh dalam cara menghilangkan bekas luka, mulai dari cara menghilangkan bekas gudik hingga cara menghilangkan bekas kurap.

  • Air Putih

Selain minuman di atas, satu hal yang tak boleh di lewatkan untuk di konsumsi saat menstruasi adalah air putih. Sebaik-baiknya minuman jenis apapun, air putih tetap yang paling baik.

Sayangnya, saat ini justru semakin banyak yang lebih memilih pergi untuk mendapatkan perawatan medis dan juga mengkonsumsi obat pereda nyeri. Nah, berikut ini adalah Bahaya Makan Obat Saat Haid:

  1. Dapat Mengganggu Hormon Tubuh dan Kondisi Fisik

Produk buatan pabrik tentu saja mengandung bahan kimia yang memiliki efek samping yang mungkin berbahaya bagi tubuh. Apabila bahan kimia tersebut telah merasuk ke dalam tubuh pada jangka waktu lama, justru hal itu dapat mengganggu hormon esterogen sehingga menjadi penyebab menstruasi sering terlambat. Selain itu, bahan kimia tersebut juga akan mengganggu kondisi fisik Anda saat menstruasi, dan nantinya dapat menyebabkan siklus menstruasi malah akan terganggu.

  1. Terjadinya Gangguan Reproduksi Sel Telur

Mengkonsumsi obat pereda nyeri dalam jangka waktu panjang pada saat haid akan membuat reproduksi sel telur Anda menjadi terganggu. Bahkan ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa dengan meminumnya secara terus menerus, maka hal itu akan membuat rahim mengalami kering, sehingga akan sulit memiliki anak atau yang biasa disebut kemandulan. Untuk lebih lengkapnya Anda dapat membaca penyebab rahim kering pada wanita berikut dan mengenali berbagai jenis makanan yang membuat rahim kering.

  1. Membahayakan Janin Serta Sampai Menyebabkan Keguguran

Pada saat Anda terlambat datang bulan, mungkin anda juga akan mengira bahwa siklus menstruasi Anda sedang tidak lancar. Padahal, hal ini bisa menunjukkan jika anda sedang hamil. Nah, lantaran Anda mengira bahwa hanya karena siklus menstruasi tidak lancar, lalu anda akan langsung mengkonsumsi obat atau jamu pelancar haid. Namun tanpa anda ketahui bahwa obat dan jamu tersebut bisa mengganggu kesehatan janin, dan lebih parahnya lagi anda bisa mengalami keguguran.

Sponsors Link

  1. Mampu Memperlambat Aliran Darah

Beberapa ahli kesehatan telah mengakui aliran darah melambat pada waktu anda mengkonsumsi obat, misalnya seperti ibupr*fen yang merupakan sejenis obat tergolong dalam kelompok anti-peradangan. Saat menstruasi, anda akan kehilangan banyak darah, tetapi melambatnya aliran darah tersebut dapat membuat anda lebih nyaman.

  1. Tidak Mampu Mengobati Setiap Rasa Sakit

Anda mungkin melihat jika obat penghilang rasa sakit khusus untuk daerah-daerah tertentu atau untuk meredakan nyeri saat haid, namun para ahli telah mengatakan bahwa obat itu tidak dapat digunakan untuk menghilangkan berbagai jenis nyeri. Jadi, akan lebih baik bagi anda jangan terlalu bergantung dengan obat penghilang rasa sakit yang dikhususkan untuk haid.

  1. Dapat Memperburuk Rasa Sakit

Beberapa obat memang dapat membantu mengurangi rasa sakit, namun penelitian telah menunjukkan beberapa obat penghilang rasa sakit justru mampu memperparah rasa sakit. Cobalah untuk menggunakan metode lain tanpa harus mengkonsumsi obat.

Misalnya adalah minum air panas atau bisa juga dengan mandi air hangat. Setidaknya itu akan membuat perut menjadi lebih nyaman. Ketika ditambah dengan garam, maka akan sangat efektif untuk keputihan dan berikut manfaat air garam untuk keputihan.

Itulah beberapa Bahaya Makan Obat Saat Haid yang harus di waspadai, semoga dapat membantu.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :