Sponsors Link

8 Bahaya Makan Nanas Saat Haid yang Wajib Anda Waspadai

Sponsors Link

Saat haid, tidak semua perempuan haid dalam keadaan normal atau tidak sakit. Beberapa perempuan bisa mengalami nyeri karena reaksi hormon pada saat menstruasi berbeda. Beberapa wanita juga bisa mengalami haid lebih lama daripada yang lainnya. Sehingga jika berkonsultasi dengan dokter, dokter akan menyarankan untuk menghindari makanan tertentu.

ads

Tujuannya supaya perempuan yang sedang haid tersebut tidak mengalami keadaan yang lebih buruk. Salah satunya adalah tidak makan nanas saat haid. Karena pada perempuan tertentu, ada reaksi negatif yang dapat muncul pada diri perempuan tersebut ketika haid makan nanas. Berikut ada beberapa bahaya makan nanas saat haid, utamanya untuk perempuan yang sensitif dengan kandungan nanas.

1. Mengalami Pendarahan Lebih Berat

Makan nanas saat haid bisa menjadi penyebab menstruasi berlebihan di mana anda mengalami pendarahan yang berat. Volume darah haid yang keluar bisa lebih berat daripada biasanya. Meski tidak membahayakan nyawa namun kondisi ini bisa membuat seseorang menjadi lebih lemah dari biasanya.

Berdasarkan laporan dr. Johnson menyebutkan seseorang yang mengonsumsi nanas mengalami peningkatan aliran darah menstruasi sampai 50 persen. Keadaan ini akan meningkatkan rasa tidak nyaman. Ini sama saja dengan mewaspadai bahaya makan obat saat haid.

2. Perus menjadi Lebih Mulas

Buat anda yang memiliki perut sensitif, makan nanas saat haid bukan pilihan yang bagus. Bahaya makan nanas saat haid ialah dapat menimbulkan rasa mulas atau refluks asam lambung. Hal itu terjadi karena kandungan asam Vitamin C pada nanas dapat meningkatkan asma lambung pada perut. Bila hal ini terjadi pada saat haid,  kandungan bromelain yang ada di dalamnya dapat menimbulkan efek pencahar parah, hingga menimbulkan diare dan muntah. Lebih baik, saat haid, anda minum ramuan tradisional melancarkan haid untuk menjaga kesehatan bagian reproduksi anda.

3. Menimbulkan Reaksi Obat Seperti Keracunan

Kandungan bromelain dapat berinteraksi dengan beberapa jenis obat. Sehingga tidak disarankan bagi perempuan yang mengonsumsi obat tertentu saat haid untuk mengonsumsi nanas juga. obat yang mudah bereaksi dengan bromelain yang terkandung dalam nanas ialah seperti antibiotik, antikoagulan, pengencer darah, antikonvulsan, obat insomnia, dan antidepresan.

4. Menimbulkan Kram Perut

Buah nanas memang diketahui dapat memicu alergi, gangguan pencernaan, kontraksi dan bahkan nyeri sampai kram di perut. Terutama jika nanas yang dikonsumsi masih terlalu muda. Kandungan nanas muda bisa menyebabkan keram perut atau perut terasa kembung selama periode menstruasi. Hal seperti ini bisa memperburuk keadaan. Bila terus berlanjut bisa meningkatkan risiko kanker mengarah ke kanker rahim. Karenanya, lakukan pencegahan kanker rahim ini, caranya sangat sederhana tidak usah makan nanas saat sedang haid.

5. Reaksi Alergi

Buah nanas yang jika dikonsumsi secara berlebihan, apalagi ketika dikonsumsi saat haid ialah bisa menimbulkan reaksi alergi. Buah nanas mengandung ‘meat-tenderizing’ yang dapat memicu reaksi pada perempuan yang sensitif dengan zat tersebut. sebagian besar reaksi alergi ini dapat hilang dengan sendirinya, namun kadang tidak semua orang akan mengalaminya, sehingga diperlukan konsultasi dengan dokter. Termasuk juga konsultasikan cara menghilangkan bau darah haid, karena bisa jadi efek buruk makan nanas untuk anda adalah menimbulkan bau darh haid yang sangat pekat daripada sebelumnya.

6. Meningkatkan Kadar Gula Darah

Bahaya makan nanas saat haid rupanya dapat menimbulkan efek samping serius. nanas dapat meningkatkan kadar gula darah dan menimbulkan komplikasi. Sebab nanas merupakan satu-satunya buah di dunia ini yang mengandung gula alami sangat tinggi. Karena itulah buah nanas dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh dalam jumlah yang sangat tinggi. Di samping itu nanas mengandung 15 gram karbohidrat, sehingga nanas kurang disarankan untuk dikonsumsi saat anda diet.

Sponsors Link

7. Muntah dan Pembengkakan di Mulut

Jus buah nanas ternyata juga tidak sebaik penampilannya ketika dikonsumsi oleh tubuh. seseorang yang sedang menstruasi ada yang tidak dapat menerima asupan bromelain yang terkandung dalam buah nanas. Akhirnya bahaya makan nanas saat haid ialah menimbukan reaksi reaksi yang merugikan, antara lain bisa berupa:

  • Diare
  • kelebihan aliran menstruasi
  • mual
  • ruam kulit
  • muntah
  • Pembengkakan pada mulut dan pipi

8. Sindrom Alergi Oral

Efek samping makan nanas saat haid ialah bisa menimbulkan sindrom alergi oral. Alergi ini berupa alergi terhadap partikel di udara seperti debu dan serbuk sari. Keadaan ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh kita bereaksi negatif pada protein yang terkandung dalam nanas. Sistem kekebalan tubuh bingung membedakan antara protein dalam nanas, dengan serbut sari atau alergen lainnya. Akibatnya, terjadilah reaksi alergi oral. Gejalanya berupa muncul iritasi atau rasa gatal di lidah yang terjadi beberapa saat setelah mengonsumsi nanas. Reaksi ini sama bahayanya dengan efek samping oral pada wanita yang suka melakukan seks oral.

Demikian pemaparan tentang bahaya makan nanas saat haid yang perlu anda ketahui supaya dapat menjaga kesehatan anda dengan baik dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan vagina selama dan setelah haid. Baca cara mengaja kebersihan vagina agar anda memiliki langkah yang tepat untuk melakukannya.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman