Sponsors Link

8 Bahaya Hydroquinone untuk Kulit Sensitif dan Alergi

Sponsors Link

Hydroquinone adalah adalah obat yang biasanya diresepkan untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi yang terjadi pada kulit pasien tertentu. Penyebab Hyperpigmentasi umumnya karena kuli memiliki bekas jerawat, bekas luka, atau flek hitam karena paparan sinar matahari langsung.

ads

Selain itu hiperpigmentasi juga bisa terjadi karena pengaruh hormon , pemakaian pil Kb, dan terapi hormon tertentu sehingga berdampak pada pgmen kulit. Akan tetapi, obat ini memiliki efek samping tertentu, khususnya jika bersentuhan dengan kulit tubuh yang memiliki reaksi alergi terhadap Hydroquinone. Berikut beberapa bahaya Hydroquinone untuk kulit yang harus anda ketahui.

1. Menurunkan Pembentukan Melanin Kulit

Bahaya Hydroquinone untuk kulit yang pertama ialah dapat menurunkan pembentukan melanin kulit. Pengaruhnya ketika bersentuhan dengan kulit ialah hydroquinone dapat mengubah pigmen kulit dengan warna cokelat. Ada beberapa jenis hydqroquinone, yang terkenal ialah Hydroquinone topikal. Hydroquinone ini khusus untuk kulit.

Di mana zat ini dipercaya dapat mencerahkan area kulit yang gelap, bintik-bintik karena usia, melasma dan lain sebagainya. Akan tetapi jika penggunannya terlalu banyak dan terlalu sering bahaya yang ditimbukan justru merugikan anda. Anda bisa saja mencari tahu cara mengembalikan pigmen kulit, namun jika sudah terlambat akan sulit diobati atau justru tidak dapat diobati sama sekali.

2. Menyebabkan Alergi

Ketahui terlebih dahulu kondisi kulit anda, jika anda termasuk orang yang alergi terhadap obat yang mengandung Hydroquinone atau peroxide maka jangan gunakan obat jenis ini. Bila memaksa diri, bahaya hydroquinone untuk kulit yang alergi hanya akan memicu alergi parah.

Bila anda belum tahu kalau anda memiliki reaksi alergi terhadap obat ini, maka jika muncul tandar-tanda reaksi alergi seperti gatal-gatal, sulit bernafas, terjadi pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, dan tenggorokan, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan secepat mungkin.

3. Kulit Kemerahan Seperti Terbakar

Bahaya hydroquinone untuk kulit berikutnya ialah dapat menyebabkan reaksi kulit merah seperti terbakar dan rasa yang menyengat. Bila terjadi hal ini anda harus segera menghubungi dokter. Supaya anda tidak membutuhkan hydroquinone untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi yang muncul di kulit anda, maka kami sarankan agar menjaga kesehatan kulit mulai dari menjaga makan makanan sehat untuk kesehatan kulit dan menghindarkan diri dari resiko penyakit kulit tertentu.

4. Kulit kering yang parah, pecah-pecah, atau berdarah

Efek samping berikutnya jika anda menggunakan hydroquinone berikutnya ialah kulit menadi kering, pecah-pecah dan berdarah. Bisa juga kulit menjadi kulit kering, bersisik, dan mengelupas secara parah sehingga lambat laun jika tidak diobati kulit tubuh anda benar-benar rusak memperlihatkan kemunculan jenis-jenis penyakit kulit.

5. Kulit retak

Bahaya hydroquinone untuk kulit yang memiliki reaksi alergi terhadapnya ialah dapat memperlihatkan reaksi alergi yang sangat serius, seperti kulit menjadi retak dan mengelupas. Reaksi alergi pada obat ini harus segera diobati, karena jika tidak reaksi alerginya bisa meluas menjadi ruam, gatal, bengkak, pusing berat, kesulitasn bernafas, sampai menyebabkan kematian. Mungkin ada cara mengatasi kulit mengelupas, tapi lebih baik mencegahnya.

Sponsors Link

6. Ochronosis

Bahaya hydroqunoine untuk kulit berikutnya yang jarang terjadi namun bisa sangat mengerikan bila menyerang seseorang oalah muncul kondisi ochronosis pada kulit seseorang. Ochronosis ditanda dengan kulit berubah warna menjadi hitam kebiruan. Papula dan pigmentasi kulit berubah warna hitam-kebiruan.

Hal ini bisa terjadi karena dampak penggunaan hydroquinone yang dilakukan setiap hari dan berkepanjangan. Bahan produk ini kemudian membakar popula dan bagian pigmen kulit. Oleh karena itu, dalam petunjuk penggunaan sudah diberi saran agar tidak menggunakan produk ini secara berkepanjangan dan tidak boleh lebih dari lima bulan sekaligus.

7. Efek samping Ringan seperti gatal

Untuk penggunaan yang hanya sementara waktu efek samping ringan bisa saja terjadi seperti gatal pada kulit dan tidak menunjukkan gejala bahaya hydroquinone untuk kulit lainnya. Efek samping ringan ini kemudian akan menghilang dengan sendirinya.

Sponsors Link

Ketika kulit sudah terbiasa dengan produk, umumnya efek samping ini akan memudar dan hilang sama sekali. Akan tetapi, berbeda dengan yang memiliki kulit sensitif dan alergi dengan poduk tersebut. Maka, sebaiknya berhati-hati dalam memilh produk perawatan kulit atau obat untuk mengobati penyakit kulit. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar tidak menjatuhkan pilihan pada obat yang salah.

8. Menimbulkan Rasa Kesemutan di Kulit

Bahaya Hydroquione untuk kulit yang masih tergolong ringan ialah menimbulkan rasa kesemutan pada kulit. Hal itu diakui oleh para pemakai produk kosmetik yang mengandung hydroquinone di dalam produknya. Hydroquinone mungkin merupakan produk yang tepat sebagai pemutih wajah bila digunakan dalam janka waktu tertentu dan sesuai dengan petunjuk dokter. Namun penggunaan jangka panjang justru menimulkan masalah.

Bahkan ada juga yang mengalami efek samping permanen seperti kulit menghitam. Oleh karena itu, tidak dianjurkan menggunakan kosmetik yang mengandung hydroquinone. Bila hendak menggunakannya sebagai obat, gunakan sesuai dengan dosis dan anjuran penggunaan dari dokter. Demikian pemaparan tentang bahaya hydroquinone untuk kulit yang harus anda pahami supaya lebih berhati-hati dalam memilih obat. Kami sarankan juga agar menemukan cara menghilangkan bekas koreng, jerawat dan lain-lain dengan menghindari obat yang terbuat dari bahan Hydroquinone.

Sponsors Link
, , , ,