Sponsors Link

4 Bahaya Collagen Untuk Kulit Yang Perlu Anda Ketahui

Sponsors Link

Collagen merupakan salah satu protein yang terbentuk secara alami pada tubuh manusia. Dengan jumlah mencapai 30 persen dari keseluruhan protein dalam tubuh, collagen berperan penting dalam pembentukan struktur tulang, otot, sendi, gigi dan juga kulit. Selain fungsi vital tersebut, collagen seringkali lebih dikenal sebagai zat penting untuk terciptanya kulit yang awet muda dan kulit lembut, sehingga ada beberapa cara mencegah penuaan kulit wajah yang dapat anda praktekan. Collagen juga sering dijadikan bahan untuk suplemen pemutih kulit. Selain penting untuk kulit, fungsi collagen juga bermanfaat untuk kesehatan rambut, meningkatkan sirkulasi darah, penyembuhan luka, dan meringankan rematik.

ads

Produksi colagen akan berangsur berkurang seiring dengan bertambahnya usia dan juga pola hidup yang tidak sehat, maka orang pun akan mencari jalan alternatif untuk mendapatkan asupan collagen dalam tubuh. Ini sebetulnya bisa diperoleh secara alami dengan mengkonsumsi  makanan sehat untuk kesehatan kulit, namun karena hasil yang didapatkan cenderung lama, maka jalan yang biasanya ditempuh untuk mendapatkan collagen adalah bisa melalui suntikan, laser kulit, krim, ataupun suplemen dalam bentuk kapsul.  Lalu apakah suplemen tersebut terbukti aman untuk kesehatan? Apakah ada bahaya efek samping untuk kulit?.

  1. Kulit Menjadi Memar

Collagen dapat diperoleh tubuh secara alami maupun melalui bantuan suplemen baik itu dalam bentuk suntikan maupun minuman. Namun pemakaian ini tentunya sudah melewati proses kimia yang dapat menimbulkan efek samping terutama bagi kulit. Bahaya yang biasanya muncul setelah suntikan collagen yang pertama adalah kulit sering memar. Memar yang muncul ini berlangsung selama kurang lebih 1 minggu, dan akan hilang dengan sendirinya.

Namun dalam beberapa kasus, memar yang dibiarkan lebih dari seminggu justru dapat menimbulkan bahaya lain bagi kesehatan kulit yaitu munculnya jaringan parut permanen. Walaupun mungkin terlihat aman, namun Anda harus tetap berhati-hati dan lakukan konsultasi dengan ahlinya jika memang sangat diperlukan untuk mencukupi kebutuhan collagen.

  1. Muncul Pigmentasi Kulit

Bahaya yang hampir sama akibat suntikan collagen bagi kulit yaitu menjadi penyebab pigmentasi kulit yang bermunculan. Pigmentasi kulit yang dimaksud disini adalah warna kulit yang lebih cerah dari area lain di sekitarnya, dikarenakan suntikan collagen yang memang bertujuan untuk membuat kulit lebih putih. Jika tidak berhati-hati, apalagi jika sampai menggunakan produk collagen palsu maka bahaya ini sangat mungkin anda alami.  Percayakan menggunakan produk yang benar asli dan juga jarum suntik yang steril agar terhindar dari bahaya tersebut.

  1. Infeksi Kulit

Infeksi kulit yang muncul ini biasanya disebabkan karena penggunaan jarum suntik pada pemberian collagen. Jadi karena ketahanan setiap tubuh orang berbeda satu dengan yang lain, maka sangat dianjurkan untuk  mengetes terlebih dahulu aman atau tidaknya suntikan collagen bagi kulit. Jangan sembarangan memberi suntikan karena akibat nya bisa fatal. berikut antibiotik oral untuk infeksi kulit yang dapat anda minum.

  1. Timbulnya Alergi

Tidak semua produk yang cocok dipakai untuk semua jenis kulit, salah satunya pemakaian suplemen collagen bagi kulit. Terkadang hasilnya bagus bagi mayoritas orang, namun anda termasuk sebagian kecil yang tidak cocok dengan produk collagen. Bahkan bisa muncul gejala alergi seperti gatal, pusing, mual dan muntah.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Kesehatan