Sponsors Link

5 Bahaya Baking Soda untuk Kulit Wajah yang Belum Diketahui oleh Orang Banyak

Sponsors Link

Akhir-akhir ini banyak sekali orang yang mempercayakan kesehatan kulit terutama area waah dengan melakukan perawatan menggunakan baking soda. Lantas, apakah baking soda yang umumnya digunakan untuk membuat kue tersebut aman digunakan pada kulit wajah? Berikut akan di bahas beberapa bahaya menggunakan baking soda pada kulit wajah Anda.

ads
  1. Merusak Lapisan Kulit

Baking soda memang tidak dikenal dapat digunakan untuk merawat kesehatan kulit terutama wajah. Perlu diketahui bahwa baking soda memiliki sifar eksofoliasi yang dapat membuat kulit wajah mudah mengelupas. Akibatnya, lapisan kulit wajah akan mudah rusak dan rapuh. Beberapa studi mengatakan bahwa baking soda mampu mengangkat sel kulit mati. Ini memang dampak yang baik dari sifat baking soda yang telah dijelaskan di atas.

Namun, jika penggunaannya berlebihan atau terlalu sering, maka baking soda akan membuat lapisan kulit menjadi lemah, rentan dan mudah mengelupas. Baca pula tentang jenis ruam kulit. Tahukah Anda bahwa lapisan epidermis pada wajah yang mudah mengelupas tersebut ternyata cukup berperan penting?

Epidermis pada kulit memiliki peran untuk menjaga kulit dari sengatan sinar matahari secara langsung yang memiliki sinar UV yanng tidak baik bagi kesehatan kulit Anda. Selain itu, lapisan ini juga berfungsi untuk mencegah adanya kotoran atau penyebab infeksi lainnya yang akan masuk ke lapisan kulit yang lebih dalam. Oleh karena itu, sebaiknya hindari penggunaan baking soda untuk merawat kulit Anda. Biasakan untuk berkonsultasi dengan dokter apabila ditemukan atau berkeinginan merawat kulit Anda.

  1. Membuat Kulit Lebih Kering

Sebenarnya bahaya kedua ini berkesinambungan dengan bahaya yang ada pada nomor pertama. Apabila kulit tubuh tidak terlindungi dengan baik, maka lapisan kulit yang lebih dalam akan mengering akibat paparan sinar secara langsung. Selain itu, baking soda juga bersifat basa yang mengakibatkan penyerapan cairan pada kulit lebih cepat terjadi.

Sifat basa sangat baik untuk menyerap minyak pada kulit. Namun, penggunaan berlebih justru akan menyebabkan kulit wajah kekurangan minyak yang dapat menjaga kelembaban wajah Anda. bukankah memiliki kulit kering mengganggu penampilan Anda? Oleh karena itu, usahakan untuk tidak menggunakan baking soda sebagai alternatif merawat kulit wajah Anda. Baca juga tentang cara mengatasi kulit kering.

  1. Kulit Wajah Terlihat Kusam

Setelah kulit wajah mengering, maka tidak ada nutrisi, cairan juga minyak yang dapat membuat kulit wajah menjadi lebih kusam. Selain kering, kulit yang tidak terlindungi dengan baik dan terkena sinar matahari secara langsung, akan membuat kulit wajah terpapar sinar matahari secara langsung dan berdampak pada kusamnya kulit wajah.

Bahkan jika tidak segera ditangani, maka perlahan akan muncul pula bercak dan flek hitam yang muncul di kulit wajah. Umumnya bercak tersebut muncul saat kusam pada wajah tidak segera ditangani. Bukankah keadaan ini tidak Anda harapkan? Maka sangat disarankan untuk menghentikan penggunaan baking soda sebagai alternatif perawatan kulit wajah Anda.

  1. Adanya Iritasi pada Kulit

Bahaya selanjutnya yang muncul jika menggunakan baking soda sebagai alternatif merawat wajah yaitu adanya iritasi pada kulit. Iritasi ini terjadi karena beberapa kandungan dan komposisi bahan tidak cocok untuk diaplikasikan pada wajah terutama yang memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi. Gejala seperti kemerah-merahan, luka, gatal, dan jika dibiarkan gejala akan meningkat seperti adanya cairan yang keluar pada luka tersebut. Oleh karena itu, jangan gunakan baking soda untuk merawat kesehatan kulit wajah Anda. Bahaya tersebut tentunya tidak Anda harapkan, bukan? Cari tahu efek samping es batu bagi kulit wajah.

Sponsors Link

  1. Menimbulkan Penyakit Kulit di Wajah

Bahaya lain yang akan muncul jika menggunakan baking soda untuk merawat kulit wajah terutama dengan dosis yang berlebih yaitu munculnya penyakit kulit. Banyak sekali jenis penyakit kulit baik yang tidak menular maupun menular. Masalah kesehatan kulit wajah yang paling umum yaitu adanya jerawat yang tumbuh di wajah. Memang benar, baking soda mampu digunakan untuk  mengurangi inflamasi pada jerawat. Namun, lagi lagi tidak semua jenis kulit cocok menggunakan bahan tersebut. Alhasil, Anda justru akan mendapati kulit wajah yang berjerawat bahkan infeksi yang didapat jauh lebih parah. Akibatnya jerawat lebih menyerupai bisul yang ada di wajah. Baca juga tentang makanan yang baik untuk kulit.

Penggunaan baking soda bagi kesehatan memang telah terbukti kebenarannya. Beberapa manfaat atau khasiat tersebut antara lain: memperindah rambut yaitu membuat rambut lebih berkilau, memutihkan gigi dengan mengaplikasikan baking soda saat gosok gigi, mengurangi bau badan, dan juga mempercantik penampilan kuku. Meski memberikan manfaat yang luar biasa, tidak berarti pula seluruh masalah kesehatan pada tubuh juga dapat ditangani dengan baking soda.

Pernyataan ini justru salah sebab adanya beberapa bahaya baking soda bagi kesehata tubuh terutama kulit wajah. Oleh karena itu, sangar dianjurkan untuk menggunakan baking soda setelah mendapatkan rekomendasi dari dokter karena sebelumnya telah berkonsultasi. Hal ini penting untuk dilakukan agar Anda tidak hanya meraba raba informasi yang beredar. Cari tahu juga terkait mengapa kulit sering bentol dan gatal. Selain itu, dengan berkonsultasi, maka saat dokter merasa baking soda diperlukan, dokter akan memberikan dosis sekaligus yang tepat bagi Anda. Nah, sudah tahu kan sekarang manfaat dan sekaligus bahaya yang Anda dapatkan apabila menggunakannya? Semoga bermanfaat!

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Gaya Hidup