Sponsors Link

Terbukti Ampuh 4 Antibiotik Oles untuk Menyembuhkan Impetigo Wajib Coba!

Sponsors Link

Pernahkah Anda mendengar penyakit impetigo? Atau mungkin Anda sedang mengalaminya? Ternyata impetigo dapat disembuhkan dengan menggunakan antibiotik oles yang dapat Anda gunakan setelah mendapt resep atau anjuran dari dokter. Tetapi sebelum mengenal lebih alnjut tentang antibiotik tersebut, mari membahas sekilas terkait impetigo.

ads

Apa itu Impetigo?

Impetigo adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan memiliki beberapa gejala seperti ruam dan kulit melepuh, dan memberikan perubahan pada kulit seperti mengerak berwarna cokelat. Penyakit kulit ini merupakan jenis-jenis penyakit kulit. Sehingga diusahakan untuk tidak melakukan kontak langsung dengan penderita. Selain melalui sentuhan atau kontak langsung lainnya, penggunaan barang miliki penderita juga dapat menularkan penyakit impetigo. Barang seperti handuk, pakaian, alat makan, dan barang lainnya yang memiliki hubungan dengan kulit akan mempermudah Anda tertular penyakit impetigo.

Tahukah Anda, ternyata impetigo dibagi menjadi dua jenis menurut gejala yang diberikan. Dua jenis tersebut yaitu impetigo nonbulosa dan bolusa. Perbedaan dari dua jenis impetigo tersebut adalah ada tidaknya lepuhan pada kulit. Impetigo nonbulosa tidak memiliki gejala yang disertai lepuhan pada kulit. Kulit hanya akan merasa gatal dan ada bintik bintik merah disertai ruam. Meskipun demikian, justru impetigo jenis nonbulosa lebih sering dan mudah menular dibanding jenis impetigo bulosa.

Apa saja yang menyebabkan tubuh terserang bakteri penyebab impetigo? Faktor terbesar yang pasti adalah kulit yang kurang bersih. Kemudian di samping itu, melemahnya kekebalan tubuh bisa menjadi faktor pendukung mudahnya bakteri bersarang pada kulit Anda. Faktor faktor lainnya adalah adanya interaksi atau aktivitas bersama penderita impetigo yang tidak Anda ketahui, lingkungan yang kotor, suhu sekitar lembab, dan memiliki riwayat penyakit diabetes melitus.

Impetigo umumnya dapat diobati oleh 4 jenis antibiotik oles. Apa saja antibiotik tersebut? Berikut penjelasan yang lebih lengkap.

  1. Polyfax

Polyfax adalah salah satu antibiotik oles yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi penyakit impetigo yang menyerang kulit Anda. Tidak hanya impetigo, polyfax juga dapat digunakan untuk menyembuhkan infeksi kulit lainnya seperti scabies, kutu air, atau kulit gatal dengan sensasi terbakar. Polyfax bekerja dengan cara membunuh aktivitas bakteri penyebab penyakit. Lebih tepatnya dengan memecah sel membran bakteri tersebut. Dengan cara demikian tentu bakteri tidak akan bekerja lagi dan penyakit kulit segera sembuh.

Bagaimana penggunaan polyfax? Polyfax mudah sekali digunakan seperti obat oles biasanya. Aplikasikan pada tubuh atau daerah yang terjangkit infeksi dua kali sehari. Lakukan secara rutin. Biasanya area yang memang cukup parah, membutuhkan waktu yang lebih lama dalam penyembuhan. Selain waktu penyembuhan, area tersebut biasanya juga membutuhkan waktu lebih sering untuk penggunaannya. Jadi, diharapkan sebelum menggunakannya Anda telah berkonsultasi kepada dokter seberapa parah impetigo Anda agar tahu kebutuhan antibiotik ini dalam penggunaanya. Hal penting lainnnya pula, beritahu dokter apakah anda sedang hamil atau menyusui. Sebab beberapa obat tidak cocok untuk ibu dalam keadaan tersebut.

Selain cara penggunaan antibiotik, Anda juga perlu memperhatikan hal lainnya. Jangan menggunakan krim atau obat oles lainnya apabila itu memang tidak disarankan oleh dokter Anda. Krim lainnya biasanya akan bereaksi dengan polyfax dan akan menghambat cara mengobati penyakit impetigo. Selain itu, bersihkan tangan Anda terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan polyfax. Sebab dikhawatirkan ada kotoran atau kuman yang ikut bersarang pada area tubuh yang terjangkit impertigo. Selain itu, jangan membalut luka jika memnag tidak disarankan oleh dokter. Membalutnya akan membuat impertigo tak kunjung sembuh. Hal lainnya yaitu tetap gunakan polyfax sesuai resep dokter baik dosis maupun waktu penggunaannya. Meskipun impetigo terlihat sudah membaik bahkan hilang, jika belum waktunya berhenti menggunakan, jangan hentikan penggunaan. Sebab belum tentu bakteri penyebab telah mati total.

Sponsors Link

Penggunaan polyfax sebagai antibiotik oles memiliki beberapa efek samping. Bukan berarti semua penderita yang menggunakan ini akan merasakan efek sampingnya. Hanya beberapa saja yang mungkin alergi. Efek samping tersebut misalnya:

  • Iritasi pada kulit karena alergi atau sensitif terhadap bahan kimia tertentu
  • Jika alergi yang ditimbulkan begitu parah, bisa jadi ada masalah saraf atau ginjal

Jika mengalami hal demikian, hentikan pemakaian dan segera hubungi dokter untuk penanganan medis lanjutan. Jangan menunda hingga luka semakin parah.

  1. Mupirocin

Mupirocin adalah antibiotik kedua yang juga bisa digunakan untuk mengurangi masalah impetigo pada kulit Anda. Antibiotik ini biasanya juga dioleskan pada hidung untuk masalah kulit tertentu lainnya. Jika antibiotik sebleumnya bekerja dengan memecah membran sel bakteri, hal ini berbeda dengan yang dilakukan oleh mupirocin. Mupirocin membunuh bakteri dengan cara merusak enzim pada bakteri tersebut. Dengan merusaknya maka bakteri tidak mampu menghasilkan protein untuk bertahan hidup.

ads

Meski sering digunakan untuk mengobati beragam penyakit kulit, tetapi antibiotik satu ini tidak diperuntukkan bagi kulit yang memiliki gejala seperti terbakar atau kulit yang terluka karena terbakar. Hal ini justru akan memparah luka Anda. Penggunaannya pun sama dengan antibiotik oles lainnya. aplikasikan pada aera yang terkena impetigo tiga kali sehari, yaitu setiap 8 jam setelah penggunaan. Dengan menggunakannya selama 5-10 hari maka impetigo Anda akan berangsur hilang dan kembali sehat. Tapi jika pengguna adalah anak anak dibawah umur 12 tahun, maka kurangi dosis seukuran setengah dosis dewasa. Anda juga tidak diperkenankan menggunakan obat lainnya selama menggunakan mupirocin. Sama seperti antibiotik sebelumnya, penggunaan bersamaan dengan obat lainnya akan membuat kulit Anda semakin parah. Ketahui pula cara mencegah penyakit kulit.

Antibiotik jenis mupirocin juga memberikan beberapa efek samping bagi sebagian penggunanya. Apa saja efek samping tersebut? Beberapa efek samping yang mungkin akan Anda alami yaitu:

  • Rasa gatal pada daerah yang diaplikasikan
  • Rasa sakit
  • Sensasi panas

Beberapa efek samping lainnya yang akan Anda alami yang lebih parah yaitu:

  • Sakit kepala
  • Batuk
  • Adanya perubahan pada warna kulit

Jika gejala gejala di atas Anda alami, maka segeralah berobat ke dokter dan hentikan pemakaian. Sebab jika terus Anda gunakan, Anda akan mengalami masalah yang lebih parah dan penyakit Anda akan memiliki masalah yang lebih serius.

  1. Bacitracin

Antibiotik oles ketiga yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi penyakit impetigo yaitu bacitracin. Cara kerja bacitracin sama dengan antibiotik lainnya yaitu dengan membunuh bakteri penyebab infeksi. Antibiotik ini tidak akan bekerja untuk membunuh penyakit akibat virus. Bacitracin juga tidak digunakan untuk mengobati masalah kulit yang serius seperti luka bakar atau infeksi yang serius. Maka sebelum menggunakannya, dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar sesuai dosis dan waktu penggunannya.

Sebelum menggunakan bacitracin ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu. Hal tersebut antara lain:

  • Pastikan tangan Anda telah bersih dulu. Agar tidak ada kuman atau kotoran yang menginfeksi luka Anda
  • Aplikasikan secara perlahan agar luka Anda tidak teriritasi. Gunakan obat tersebut tiga kali sehari.
  • Gunakan sesuai waktu yang telah ditentukan oleh dokter. Biasanya dokter akan meminta Anda menggunakan antibiotik ini selama seminggu.

Jika selama seminggu belum ada kesembuhan, segera beritahu dokter agar dapat dilakukan penanganan lanjutan terkait impetigo Anda.

Beberapa efek samping juga akan Anda rasakan. Efek samping tidak terjadi pada semua penderita. Hanya beberapa penderita yang mengalami alergi atau sensitivitas yang tinggi terhadap beberapa bahan kimia. Efek samping tersebut antara lain:

  • Rasa terbakar
  • Gatal
  • Sulit bernafas

Segera hubungi dokter apabila Anda mengalami efek samping tersebut. Agar dokter memberikan penanganan yang cepat dan tepat atas masalah Anda. Jangan menunda agar tidak semakin parah.

  1. Asam Fusidic
Sponsors Link

Antibiotik terakhir yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi impetigo Anda adalah asam fusidic. Antibiotik tersebut dapat Anda gunakan dengan cara yang sama dengan antibiotik oles lainnya tadi. Cukup aplikasikan ke area yang terkena impetigo. Anda dapat melakukannya sehari 2 atau 3 kali. Cara kerja asam fusidic yaitu dengan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Dengan demikian bakteri tidak akan berkembang dan luka akan segera pulih.

Asam fusidic ternyata tidak diperuntukkan bagi Anda yang sedang hamil atau menyusui. Jadi beritahu dokter untuk mendapatkan oabt alternatif yang sesuai bagi Anda. Selain itu, beritahu dokter pula mengenai alergi jika Anda memilikinya. Di samping itu, beberapa hal lain juga perlu diperhatikan saat Anda akan mengaplikasikan antibiotik ini. Pastikan tangan Anda telah bersih dari kuman atau kotoran. Selain itu, aplikasikan secara perlahan dan merata pada area yang terjangkit impetigo. Setelah menggunakannya, cuci tangan yang Anda gunakan untuk mengoleskan obat tersebut sampai bersih. Asam fusidic tidak memberikan efek samping karena antibiotik ini lebih ringan dari antibiotik lainnya. Meski demikian, tetap gunakan sesuai anjuran dan hentikan pemakaian jika terjadi gejala yang aneh atau luka Anda justru semakin parah. Ketahui pula beberapa jenis-jenis ruam kulit.

Impetigo memang dapat diobati dengan antibiotik oles. Hanya saja disarankan untuk menggunakannya sesuai resep dokter. Sebelum memutuskan menggunakan antibiotik tersebut, Anda perlu berkonsultasi dan telah mendapat persetujuan dokter terkait penggunaannya. Hal ini bertujuan agar apabila Anda memiliki alergi tertentu pada kandungan bahannya, dokter dapat memberikan alternatif  yang lebih aman untuk Anda gunakan. Selain itu, jika terjadi masalah tertentu, maka dokter akan lebih mudah dalam memberikan penanganan lebih lanjut. Semoga penjelasan di atas mengenai antibiotik oles yang dapat mengurangi impetigo Anda sangat membantu penyembuhan.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Obat Obatan