Sponsors Link

4 Jenis Antibiotik untuk Mengatasi Herpes Kulit dengan Keluhan Infeksi Sekunder

Sponsors Link

Herpes adalah salah satu penyakit yang menyerang kulit Anda. Herpes disebabkan oleh virus bernama varisella zoster. Virus ini berada di tulang belakang atau dasar dari tulang tengkorak manusia dan akan aktif kembali saat sistem imun tubuh seseorang sedang lemah. Oleh karena itu, herpes kulit tidak bisa sepenuhnya menghilang dari tubuh Anda. Penyakit kulit ini memiliki kemungkinan untuk kembali menyerang Anda.

ads

Menilik pada penyebab munculnya herpes kulit yakni virus varisella zoster, pengobatan yang tepat untuk mengatasi herpes kulit adalah obat-obat antivirus. Selain itu, Anda juga bisa mencoba berbagai jenis ramuan tradisional yang dimiliki oleh Indonesia. Dengan begitu bisa diartikan bahwa penggunaan antibiotik untuk herpes sesungguhnya tidak cukup efektif. Hanya saja, obat antibiotik tetap diperlukan jika herpes kulit yang Anda derita teridentifikasi mengalami infeksi sekunder yang disebabkan oleh bakteri.

Jenis Antibiotik untuk Mengatasi Herpes Kulit

Ada banyak jenis obat antibiotik yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi infeksi sekunder pada herpes kulit Anda, diharapkan obat antibiotik tersebut mampu membunuh bakteri, meredakan infeksi serta mengurangi keluhan dan menjadi tips agar herpes zoster cepat kering. Hanya saja, penggunaan obat-obatan antibiotik haruslah sesuai dengan saran dokter dan tidak digunakan secara gegabah. Ada pun obat-obat antibiotik yang biasa disarankan oleh dokter untuk mengatasi infeksi sekunder pada penderita herpes kulit adalah sebagai berikut:

  1. Amoxcyllin

Amoxcyllin adalah salah satu jenis obat antibiotik populer yang banyak digunakan oleh masyarakat. Obat antibiotik ini tidak boleh dikonsumsi secara sembarangan, Anda perlu mendapatkan persetujuan atau resep dari dokter pribadi Anda. Sebagai obat antibiotik, Amoxcyllin cukup ampuh dalam hal membunuh bakteri serta mengatasi infeksi yang Anda derita.

Amoxcyllin adalah jenis obat antibiotik oral atau dikonsumsi secara langsung. Obat ini tidak hanya bisa mengatasi infeksi sekunder karena bakteri yang terjadi pada herpes kulit Anda tetapi juga beberapa keluhan lainnya. Ada pun keluhan lainnya yang dimaksud adalah seperti infeksi gigi, infeksi saluran kemih dan saluran pernapasan, serta infeksi telinga.

  1. Zovirax

Jenis antibiotik yang paling umum digunakan untuk mengatasi herpes kulit adalah Zovirax. Zovirax memiliki komposisi acyclovir yang sangat ampuh dalam menekan aktivitas virus varisella zoster pada jaringan kulit Anda. Selain digunakan untuk mengobati herpes kulit, Zovirax juga cukup ampuh dalam mengatasi keluhan lain seperti herpes simplex dan herpes genital.

Zovirax bisa dikonsumsi dalam berbagai dosis untuk anak-anak dan orang dewasa. Orang dewasa yang menderita herpes kulit bisa mengonsumsi Zovirax dengan dosis 5 kali sehari dengan jumlah 200 mg tiap 4 jam, begitu juga dengan anak di atas usia 2 tahun. Sementara anak di bawah usia 2 tahun harus mengonsumsi Zovirax dengan dosis setengah dari dosis orang dewasa. Penggunaan Zovirax perlu di bawah arahan atau resep dokter. Jangan lupa dukung penyembuhan herpes kulit Anda dengan mengonsumsi buah untuk penderita herpes.

  1. Trifamycetin

Salah satu alasan kenapa seorang penderita herpes kulit perlu menggunakan obat antibiotik baik obat oral maupun salep adalah karena munculnya infeksi sekunder yang disebabkan oleh bakteri. Jika herpes kulit yang Anda derita tidak menunjukkan keluhan lain, mengonsumsi obat antivirus seperti Acyclovir atau beristirahat saja sudah cukup. Anda juga bisa mempraktikkan cara mengobati herpes dengan kunyit atau tanaman obat lainnya.

Trifamycetin adalah obat salep yang biasa digunakan untuk mengatasi infeksi kulit karena serangan bakteri, Anda bisa menggunakannya untuk mengatasi infeksi sekunder yang terjadi pada herpes kulit Anda. Infeksi sekunder biasanya ditandai dengan munculnya ruam kemerahan dan rasa gatal. Kandungan antibiotik dalam Trimycetin terdapat dalam zat kloramfenikol.

Sponsors Link

  1. Famciclovir

Famciclovir pada dasarnya bukanlah jenis obat antibotik melainkan obat antivirus. Akan tetapi, Famciclovir sama halnya dengan obat antibiotik lainnya mampu mengatasi infeksi yang disebabkan oleh virus varisela zoster atau penyebab herpes kulit. Selain itu, obat ini juga bisa mengatasi keluhan herpes lainnya seperti herpes simplex dan herpes genital. Sayangnya, Famciclovir hanya bisa mengurangi gejala atau keluhan, tidak untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Akan tetapi, penggunaan Famciclovir bisa mencegah Anda untuk terjangkit penyakit yang sama di masa depan.

Penggunaan Famciclovir umumnya harus didasarkan pada resep dokter. Dengan atau tanpa makanan berat, obat ini bisa dikonsumsi sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari. Dosis yang digunakan tidak seharusnya Anda ubah. Konsumsilah Famciclovir secara teratur sesuai arahan dokter hingga tanda herpes zoster akan sembuh muncul atau obat habis.

Sebagai penyakit kulit yang disebabkan oleh virus varisela zoster, penggunaan antibiotik sesungguhnya tidak terlalu memberikan dampak yang signifikan terhadap penyembuhan herpes kulit yang Anda derita. Akan tetapi, obat antibiotik tersebut biasanya diberikan jika herpes kulit yang Anda derita disertai dengan infeksi sekunder yang disebabkan oleh virus.

Akan tetapi jika herpes kulit yang Anda derita adalah herpes kulit biasa tanpa keluhan infeksi lainnya, tidak mengonsumsi obat antivirus pun tidak apa-apa. Sebab, virus varisela zoster sesungguhnya tidak akan benar-benar bisa dibunuh, melainkan dijadikan dorman saja. Oleh karena itu, Anda harus meningkatkan sistem imun tubuh Anda sebab herpes kulit pada dasarnya bisa sembuh sendiri jika sistem imun tubuh Anda membaik.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Herpes