Sponsors Link

6 Antibiotik Untuk Gonore yang Paling Bagus Tanpa Efek Samping

Sponsors Link

Apakah Anda telah mengenal penyakit menular seksual satu ini yaitu gonore? Ada banyak macam penyakit menular seksual yang perlu Anda ketahui termasuk gonore. Gonore atau sering disebut kencing nanah adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae. Penyakit tersebut dapat menyerang semua jenis kelamin baik pria maupu wanita sudah menikah ataupun belum menikah. Anda juga perlu tahu bagaimana cara penularan gonore.

ads

Penyebarannya adalah melakukan kontak langsung dengan penderita bisa melalui hubungan seksual atau penggunaan barang yang sama. Daerah tubuh yang sering terkena baketri ini yaitu dubur, serviks, uretra, tenggorokan atau mata. Tidak hanya itu, bayi juga dapat terinfeksi bakteri gonore. Ibu hamil apabila menderita gonore maka bakteri tersebut akan menginfeksi janin yang ada pada kandungan ibu. Gejala-gejala umum yang akan Anda dapati jika terkena penyakit gonore yaitu susah buang air kecil, nyeri pada panggul, keluarnya cairan seperti nanah pada alat kelamin dengan warna kuning bahkan sampai hijau. Gejala gonore lebih mudah diidentifikasi pada pria dibandingkan wanita sebab wanita yang terjangkit gonore mayoritas tidak memberikan gejala apapun.

Diagnosis gonore dapat dilakukan dengan berbagai cara. Tapi yang jelas diagnosis dilakukan apabila Anda mengonsultasikan diri kepada dokter. Dokter akan melakukan beberapa aktivitas medis seperti pengambilan cairan pada vagina atau sperma untuk diuji pada laboratorium. Selain cara tersebut ada cara lain yaitu dengan melakukan uji tes urin pada sampel yang telah diambil.

Antibiotik Untuk Gonore

Penyakit menular seksual gonore meskipun berbahaya bagi Anda, ternyata dapat diobati. Banyak pengobatan yang dilakukan untuk gonore. Pengobatan yang lebih efisien pada masa kini adalah dengan penggunaan antibiotik. Beberapa antibiotik direkomendasikan oleh dokter jika Anda telah berobat atau berkonsultasi. Jadi, jangan gunakan antibiotik ini sebelumAnda mendapat resep dokter. Sebab dosis masing-masing antibiotik untuk masing-masing penderita tidaklah sama. Apa saja antibiotiknya? Berikut akan dibahas antibiotik-antibiotik untuk penderita gonore.

  1. Azithromycin

Pernahkah Anda mendengar antibiotik tersebut? Azithromycin merupakan antibiotik golongan mikrolida yang bekerja dengan cara mematikan bakteri penyebab infeksi. Biasanya antibiotik ini digunakan untuk pengobatan saluran pernapasan, kulit, dan juga alat kelamin. Oleh karena itu azithromycin dapat direkomendasikan sebagai antibiotik bagi penyakit gonore Anda. Tidak hanya gonore tapi juga bisa digunakan untuk penyakit menular seksual ciri-ciri penyakit Klamidia.

Dosis yang dibutuhkan untuk mengobati dan mencegah gonore berbeda-beda. Sehingga disarankan bagi Anda untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu dan melakukan beberapa uji darah. Namun biasanya dosis umum yang diberikan dokter yaitu 2 gram bagi dewasa. Baik 2 gram secara langsung atau bertahap itu tergantung dari dokter. Biasanya azithromycin dikonsumsi 1 jam saat Anda belum makan atau 2 jam setelah Anda makan.

  1. Ceftriaxone

Antibiotik selanjutnya yang umum direkomendasikan oleh dokter untuk penyembuhan gonore Anda yaitu ceftriaxone. Ceftriaxone adalah obat yang digunakan untuk membunuh bakteri infeksi dengan cara mematikan perkembangan bakteri tersebut di dalam tubuh Anda. Antibiotik ini biasanya digunakan untuk mengobati luka operasi, flu dan juga gonore Anda.

Berbeda dengan azithromycin yang berupa tablet atau kapsul, ceftriaxone umumnya berbentuk suntik. Dosis yang dibutuhkan tubuh pun juga berbeda untuk setiap penderita. Umumnya pemberian ceftriaxone pada penderita yaitu 250 mg dosis tunggal artinya sekali suntik. Penyuntikannya dilakukan pada otot tubuh Anda. Jangan lakukan ini sendiri di rumah. Penyuntikkan harus dilakukan oleh dokter atau perawat agar tepat. Jika terjadi alergi seperti ruam, gatal bahkan nyeri segera beri tahu dokter untuk tindakan lanjutan.

Sponsors Link

  1. Doxycycline

Selain kedua antibiotik yang telah dibahas, dokter juga akan merekomendasikan antibiotik lainnya yaitu doxycycline. Apa itu doxycycline? Doxycycline adalah antibiotik tetrasiklin yang membunuh bakteri infeksi dengan cara menghambat pertumbuhan dan perkembangannya. Antibiotik tersebut biasanya digunakan untuk mengobati beberapa infeksi seperti infeksi saluran pernapasan, mulut, kulit dan juga penyakit menular seksual yang salah satunya yaitu gonore.

Perlu diketahui pula bahwa doxycycline dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil atau bagi wanita yang sedang merencanakan kehamilan. Sebab antibiotik tersebut memberikan efek buruk pada janin yang nantinya berkembang. Dosis spesifiknya juga seperti antibiotik lainnya sesuai resep dokter. Akan tetapi, umumnya dokter akan memberikan dosis 200mg tablet atau kapsul per hari. Habiskan dosis atau resep yang diberikan dokter meskipun gejala sudah hilang untuk mencegah datangnya gonore lagi. Sebab belum tentu bakteri pada tubuh Anda telah mati.

  1. Erythromycin

Antibiotik satu ini berbeda dengan ketiga antibitotik yang telah disebutkan sebelumnya. Antibiotik erythromycin digunakan untuk bayi yang sudah terserang gonore sejak dia lahir. Hal ini biasanya terjadi karena ibu yang mengandungnya telah terjangkit penyakit gonore terlebih dahulu. sehingga bakteri menginfeksi janin yang dikandung oleh iu tersebut.

ads

Selain sebagai obat gonore, antibiotik ini juga digunakan untuk mengobati penyakit kulit, mata, saluran kandung kemih, dan pernapasan. Sebelum mengonsumsi antibiotik ini, pastikan bahwa anak sudah dikonsultasikan ke dokter terlebih dahulu dan sudah mendapatkan resep dokter. Dosis umum yang biasanya diberikan untuk anak-anak akan disesuaikan dengan berat badan anak tersebut. Jadi sangat penting untuk membawa anak ke dokter terlebih dahulu.

  1. Ciprofloxacin

Antibiotik tersebut sama dengan antibiotik lainnya yang membunuh baktei infeksi penyebab penyakit. Perlu diketahui bahwa antibiotik ini tidak cocok untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh virus. Antibiotik ini hanya cocok digunakan untuk menyembuhkan penyakit akibat bakteri saja. Efek samping antibiotik ini lebih tinggi dari antibiotik yang telah dibahas sebelumnya, sehingga sangat dianjurkan untuk mengonsumsinya atas saran dari dokter. Biasanya ini dilakukan karena tidak adanya penyembuhan atau progres dari penggunaan antibiotik yang efek sampingnya rendah. Dosis yang biasa dianjurkan adalah 250-750 mg untuk dewasa untuk setiap 12 jam sehari.

  1. Vibramycin

Antibiotik ini memiliki sifat yang sama dengan doxycycline. Tidak hanya untuk mengobati gonore, antibiotik vibramycin juga digunakan untuk mengobati sifilis, kolera, atau klamidia. Dosis yang digunakan pun tidak berbeda dengan doxycycline yaitu 200 mg kapsul atau tablet per hari. Cara kerja antibiotik satu ini juga tidak berbeda dengan antibiotik lainnya yaitu membunuh bakteri dengan menghambat pertumbuhannya. Antibiotik ini hanya digunakan untuk membunuh bakteri penyebab infeksi bukan penyakit lainnya yang disebabkan oleh virus.

Jika Anda bertanya adakah pengobatan lain selain menggunakan antibiotik? Pengobatan adalah langkah yang Anda tempuh untuk menghilangkan penyakit dari tubuh Anda. jadi pastikan pengobatan yang Anda ambil adalah yang terbaik dan terjamin aman. Sehingga menggunakan antibiotik sesuai resep dokter adalah pengobatan yang tepat untuk Anda lakukan. Jika Anda berpikir untuk mengobati dengan bahan alami atau penanganan rumahan, Anda perlu konsultasikan pada dokter Anda terlbih dahulu. Apapun keputusannya, bicarakan dengan dokter agar tidak timbul masalah yang lebih serius. Anda juga perlu tahu perbedaan gonore dan sifilis.

Lantas bagi Anda yang tidak ingin terserang penyakit menular seksual seperti gonore, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar terhindar. Apa saja? Berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mencegah penyakit gonore menjangkit tubuh Anda.

  • Menggunakan pelindung seperti kondom saat melakukan hubungan seksual
  • Melakukan tes rutin baik darah atau urin. Ajak pasangan juga untuk melakukan tes tersebut
  • Mengomunikasikan dengan baik riwayat kesehatan terutama penyakit seksual
  • Gunakan antibiotik sesuai resep dokter

Selain beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk pencegahan, Anda juga perlu memerhatikan makanan Anda. Makanan ini sebenarnya tidak secara spesifik mencegah gonore namun mencegah adanya bakteri infeksi yang bersarang pada tubuh Anda. Apa saja makanan yang disarankan untuk Anda konsumsi setiap hari? Berikut makanan yang mampu mencegah bakteri perkembang pada tubuh Anda:

  • Bawang Putih
Sponsors Link

Bahan makanan satu ini selalu direkomendasikan untuk dikonsumsi karena kandungan dan manfaatnya yang luar biasa dalam menjaga kesehatan. Sifatnya yang anti bakteri, anti jamur dan anti virus dapat membentuk proteksi diri agar bakteri tidak berkembang pada tubuh.

  • Kayu manis

Kayu manis ternyata juga memiliki sifat yang sama dengan bawang putih. Anti bakteri, anti mikroba dan anti jamur menjadi sifat yang dapat mencegah tubuh Anda terinfeksi oleh bakteri terutama bakteri penyebab gonore. Tidak hanya itu, ternyata kayu manis juga mampu meningkatkan sistem imun pada tubuh Anda dan menjaga kadar gula darah pada tubuh Anda.

  • Jahe

Siapa yang tak kenal jahe dan banyaknya manfaat yang ditawarkan. Ternyata jahe juga salah satu bahan makanan yang direkomendasikan agar terhindar dari bakteri infeksi. Bahkan studi mengatakan bahwa jahe adalah antibiotik alami yang mampu menjaga tubuh Anda dari bermacam-macam penyakit.

  • Kunyit

Bahan dapur ini juga tidak kalah luar biasa dalam menjaga kesehatan tubuh Anda. sifatnya yang anti inflamasi dan anti mikroba mampu menghambat pertumbuhan bakteri pada tubuh Anda. selain itu kunyit juga telah terbukti mampu meningkatkan sistem imun tubuh sehingga kesehatan Anda stabil. Jika sistem imun Anda baik, bakteri akan sulit masuk dan berkembang pada tubuh Anda. sehingga dapat dikatakn kunyit adalah salah satu bahan terbaik untuk meproteksi diri. Baca juga cara mengobati keputihan dengan kunyit yang sangat bermanfaat juga.

  • Buah Kaya Vitamin A

Dengan memiliki kadar vitamin A yang cukup, maka tubuh Anda akan terjamin kesehatannya. Tidak hanya berkontribusi untuk kesehatan kulit dan mata, nyatanya vitamin A juga berperan untuk meningkatkan sistem imun pad tubuh Anda. Buah seperti alpukat, pepaya, labu, dan apel bisa menjadi salah satu pilih sumber vitamin A Anda.

Itulah beberapa penjelasan dari antibiotik yang sudah di jelaskan untuk penyakit gonore yang bisa anda ketahui, untuk pengobatan anda.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan