Sponsors Link

Inilah 6 Antibiotik Untuk Abses Kulit Yang Paling Populer

Sponsors Link

Abses kulit adalah sebuah pembengkakan yang terjadi pada jaringan kulit yang didalamnya berisi nanah dan abses pada kulit sangat menyakitkan bila tersenggol atau tersentuh secara keras. Abses memungkinkan untuk tumbuh di berbagai bagian tubuh manusia seperti di bagian ketiak, bagian anus dan bagian vagina. Jika dibiarkan abses pada kulit sangat membahayakan kesehatan dan bisa juga mengancam keselamatan. Kini perkembangan di bidang farmasi membuat bermunculan banyak antibiotik yang sangat berguna mencegah dan menyembuhkan abses kulit, namun untuk penyembuhan biasanya memerlukan waktu yang lama.

ads

Prosedur pengobatan abses pada kulit yang sering dilakukan oleh dokter adalah pembedahan, karena nanah yang terkandung didalamnya harus dikeluarkan dulu dan setelah nanah keluar barulah dokter akan memberikan resep obat untuk mempercepat proses penyembuhan, jadi antibiotik yang banyak di jual di apotek sifatnya hanya penahan rasa sakit sementara. Sampai saat ini belum ada anti biotik yang terbukti 100% menyembuhkan abses secara total.

Antibiotik Untuk Abses Kulit

1. Diprogenta

Diprogenta yaitu salah satu antibiotik yang dirancang khusus untuk meredakan peradangan pada kulit dan obat ini dapat digunakan oleh anak usia 13 tahun keatas, hal ini dilakukan karena sistem kekebalan tubuh anak 13 tahun sudah kuat. Salah satu khasiat dari obat ini adalah dapat menyembuhkan abses yang terjadi pada area kulit dan salep ini juga sering digunakan sebagai salep untuk kulit bernanah, karena salep ini aman digunakan pada kulit yang abses. Antibiotik ini dapat diperoleh di apotek dengan kisaran harga Rp 80.000 per kemasan.

2, Benzocaine

Benzocaine yaitu sebuah obat bius yang dirancang khusus untuk mengurangi rasa sakit akibat infeksi kulit dan salah satu infeksi kulit yang bisa disembuhkan dengan salep ini adalah abses kulit. Memiliki abses pada kulit memang sangat menyebalkan dan sangat menyakitkan. Obat ini hanya bisa digunakan sesuai dengan resep dokter dan khasiat lain dari obat ini adalah sebagai salep untuk bisul di kelamin, karena salep ini aman digunakan pada berbagai bagian kulit manusia dan salep ini biasanya disediakan apotek dengan harga sekitar Rp 30.000 per kemasan.

3. Penicillin

Penicillin adalah antibiotik yang memiliki fungsi untuk menyembuhkan infeksi bakteri yang sering terjadi pada kulit dan salep ini juga dapat mengurangi rasa sakit akibat abses pada kulit. Obat ini juga sangat cocok digunakan pada anak-anak dan dosisnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Salep ini juga terbukti aman digunakan untuk abses yang terjadi pada daerah kemaluan dan salep untuk bisul di kemaluan ini terbukti aman sesuai hasil penelitian. Harga jual obat ini berkisar Rp 30.000 per kemasan dan di berbagai apotek obat ini hanya bisa ditebus dengan menggunakan resep dokter.

4. Mupirocin

Mupirocin yaitu antibiotik yang dibuat untuk mengurangi rasa sakit di bagian kulit dan obat ini juga dapat mencegah gejala penyakit bisul. Tak hanya itu obat ini juga bisa mempercepat penyembuhan hasil pembedahan nanah yang terjadi pada bagian tubuh dan abses kulit yang sudah di ambil nanahnya dapat cepat sembuh dengan salep ini. Obat ini bisa didapatkan di apotik terdekat, karena penyebaran obat ini sudah sangatlah luas dan kisaran harga Mupirocin di apotik adalah sekitar Rp 45.000 per kemasan. Perhatian dan peringatan bahwa salep ini tidak boleh digunakan untuk mengobati bekas luka atau diolekan pada bekas luka.

5. Gentamicin

Gentamicin yaitu salah satu antibiotik yang berguna untuk membasmi bakteri dan salep ini juga dapat mengurangi rasa sakit yang diakibatkan abses pada kulit. Salep ini juga menjadi salah satu cara menghilangkan bekas bisul yang sering dialami oleh manusia dan obat ini aman digunakan dibagian tubuh manapun. Obat ini dapat diperoleh di apotek tanpa sesuai resep dokter dan obat ini dapat bekerja dengan baik bila digunakan sesuai anjuran, karena bila obat ini digunakan secara berlebihan akan berdampak buruk pada kesehatan kulit yang lainnya. Harga salep ini adalah sekitar 110.000 per kemasan.

Sponsors Link

6. Fucidic Acid

Fucidic Acid atau asam fusidat adalah sebuah antibiotik untuk mencegah serta mengobati berbagai penyakit yang sering menyerang kulit dan cara kerja obat ini adalah menghentikan pertumbuhan bakteri secara cepat, jadi bakteri tak bisa leluasa menyebarkan virusnya. Salep ini juga sangat berguna untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi akibat abses pada bagian kulit dan salep ini bisa didapatkan tanpa adanya resep dokter sebelumnya. Harga jual salep ini dipasaran adalah Rp 35.000 per kemasan dan salep ini tak bisa digunakan secara berlebihan, karena harus digunakan sesuai aturan yang tertera pada kemasan.

Semua antibiotik yang dijelaskan diatas memiliki fungsi dan kegunaan yang hampir sama. Namun khasiatnya akan berbeda-beda pada setiap orang dan salah satu faktor perbedaan khasiatnya adalah sistem kekebalan tubuhnya yang berbeda. Namun semua obat diatas patut untuk dicoba untuk mengurangi rasa sakit akibat abses kulit dan obat itu dapat digunakan untuk mengobati berbagai infeksi lainnya. Sebaiknya sebelum menggunakan obat diatas lakukan dulu konsultasi dengan dokter terkait, agar keamanan lebih terjaga dengan baik.

Sekian ulasan artikel mengenai Antibiotik Untuk Abses Kulit dan semoga artikel ini mengandung banyak manfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Obat Obatan